KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v3i2.50914
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model Konvensional,(2) Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS),(3)Membuktikan keefektifan model pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan melibatkan dua kelompok yang terdiri dari satu kelas sebagai kelompok eksprimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluru siswa kelas IX SMPN 4. Penarikan Smpel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan penugasan menjawab pertanyaan pada pretess dan post test. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS Version 25. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa TPS lebih efektif daripada konvensional terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo. Terbukti dari hasil uji t Independent Samppel T-test diperoleh thitung >ttabel (th 3,631>tt 2,074) dengan taraf signifikan (2 sisi) 5% : 2 = -0,25. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Selain ini dapat dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata kelas VII B adalah 70,68 dan kelas VIII A adalah 78,82. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Shareefektif terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model Konvensional,(2) Mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tantetayo Kabupaten Tana Toraja melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS),(3)Membuktikan keefektifan model pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan melibatkan dua kelompok yang terdiri dari satu kelas sebagai kelompok eksprimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluru siswa kelas IX SMPN 4. Penarikan Smpel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan penugasan menjawab pertanyaan pada pretess dan post test. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS Version 25. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa TPS lebih efektif daripada konvensional terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo. Terbukti dari hasil uji t Independent Samppel T-test diperoleh thitung >ttabel (th 3,631>tt 2,074) dengan taraf signifikan (2 sisi) 5% : 2 = -0,25. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Selain ini dapat dibuktikan dengan perbedaan nilai rata-rata kelas VII B adalah 70,68 dan kelas VIII A adalah 78,82. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.
Full Text:
PDFReferences
Eny Riadini, Program Pascasarjana UNM. (2016). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Menganalisis Unsur Instrinsik Novel Remaja Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Haliq, A. (2020). Keefektifan pembelajaran berbasis neuro linguistic programming dalam menulis argumentasi. LingTera, 7(2), 157-167.
Hidayati, F., & Kamaludin, K. (2021). Analisis Pengaruh Teknik Think Pair Share dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi pada Taruna Akademi Maritim Cirebon. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 463-471.
Istigfara, T., & Afnita, A. (2020). Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 14-18.
Musdalifah, (2012). Keefektifan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Skripsi. UNCOK Palopo.
Nabila, Z. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN Cibuntu 06 Bekasi. Doctoral dissertation. Universitas islam 45 Bekasi.
Purwanto. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Purwono, P., Witarsa, R., & Wahyuni, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Journal on Education, 4(4), 1533-1545.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Tahir, R. A. (2020). Keefektifan Penggunaan Teknik Think Pair Share (TPS) dalam Keterampilan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kab. Barru. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Makassar.
Tanjung, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kemampuaan Membaca Nyaring Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Riau (Doctoral dissertation), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Article Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Email: wahanaliterasi@unm.ac.id
Published by:
Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar
Indexed by:
Editorial Office:
Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AC, Indonesia
Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License