ALIH KODE DAN CAMPUR KODE BAHASA PROKEM DALAM MEDIA SOSIAL

Ashar Made(1*), Usman Pahar(2), Anshari Anshari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v3i1.50637

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk alih kode dan campur kode bahasa Indonesia ke bahasa Prokem. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang memuat bentuk-bentuk alih kode dan campur kode bahasa Prokem dalam media sosial. Sumber data dalam penelitian ini adalah takarir unggahan foto dan video akun instagram dari @lyodraoficial, @husein_hadar, @laporpak_trans7, @kokbisa, dan @lambeh_turah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca, dokumentasi dan catat. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1); terdapat bentuk-bentuk alih kode bahasa prokem intren dan ekstren; (2) terdapat bentuk-bentuk campur kode bahasa Prokem ke dalam, ke luar, dan campuran.

Kata Kunci: Alih kode, campur kode, dan bahasa Prokem


Full Text:

PDF

References


Ahmad, & Abdullah. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Amelia, A. R. (2018). Penggunaan Bahasa Gaul di Media Sosial Facebook dan Kaitannya dengan Karangan Narasi Siswa Kelas XII SMA YAPINK Tambun Selatan Bekasi (Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Arini, A. D. (2012). Bentuk, Makna, Dan Fungsi Bahasa Tulis Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dan Interaksi Pada Internet. ISkriptorium, 2 (4), 293–299.

Atmawati, D. (2016). Penggunaan Bahasa Pada Media Sosial (the Use of Language in Social Media). In PRASASTI: CONFERENCE SERIES (pp. 212-217).

Dewantari, C. N., Susandi, S., & Salamah, U. (2022, November). Bentuk Campur Kode Dan Alih Kode Pada Saat Berkomentar Dalam Akun Media Sosial Instagram “@Lambe_Turah”: Kajian Sosiolinguistik. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 2, No. 1, Pp. 313-320).

Dhanik, W. M., & Mujianto, G. (2022). Analisis Variasi Register Pada Alih Kode Dalam Peristiwa Jual Beli Barang Elektronik. Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 10(2), 104-120.

Junus, F. G. (2019). Variasi bahasa dalam sosial media: Sebuah konstruksi identitas. Proceeding ICLCS (November 2015), 366-72.

Kalangit, R. F. (2016). Alih Kode Dalam Instagram (Suatu Analisis Sosiolinguistik). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 4(5).

Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul pada Remaja Milenial di Media Sosial. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64-76.

Yussak, F. S., & Surana, S. S. Alih Kode Campur Kode Dalam Akun Instagram Yoweslah. Ig: Kajian Sosiolinguistik.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: wahanaliterasi@unm.ac.id

Published by:

Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Indexed by:

  

Editorial Office:  

Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung  AC, Indonesia

 


Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License