KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA GOOGLE EARTH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Muhammad Nurkhalis(1*), Sulastriningsih Djumingin(2), Ambo Dalle(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v3i2.47790

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mamasa, (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan media google earth pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mamasa, (3) membuktikan tentang keefektifan penggunaan media audio visual dan media google earth dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mamasa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumalah 286 siswa. Sampel menggunakan random sampling berjumlah 56 siswa. Selanjutnya penentuan sampel sesuai langkah-langkah yang sudah ditetapkan melalui teknik random sampling dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas VIII A dan kelas VIII D. Kelas A berjumlah 28 siswa dan kelas D berjumlah 28 siswa. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for windows 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui uji SPSS dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran media audio visual dan media google earth. Terbukti dari hasil uji t diperoleh t tabel 2,056 > (-11,169). Hipotesis penelitian diperoleh nilai sig (0,001) < α (0,05), hal ini berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media audio visual dan media google earth.

Full Text:

PDF

References


Alianto, D. (2021) Penerapan Media Vlog (Video Blog) dan Efektivitasnya dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persanda.

Burhanuddin, A. (2022). Pengaruh Media Google earth sebagai Sumber Informasi dalam Penulisan Puisi Objek Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 23(1), 43-52.

Djumingin, S. (2015). Penilaian Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Dalle, A., Anwar, M., & Asri, W. K. (2019) Penerapan Media Flashcard dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), 22 (2). pp. 89-93. ISSN 2621-6736

Emelia, I. (2015). Pengaruh Media Google Earth Sebagai Sumber Informasi dalam Penulisan Puisi Objek Kelas X SMA Ta’miriyah Surabaya. Skripsi thesis. Universitas Pendidikan Indonesia

Emalia, I., & Indihadi, D. (2017). Penggunaan Media Google Earth dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Pangewa, M. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Zainurrahman. (2011). Menulis: dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: wahanaliterasi@unm.ac.id

Published by:

Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Indexed by:

  

Editorial Office:  

Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung  AC, Indonesia

 


Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License