PENGARUH NILAI-NILAI GURU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Safriani Novitri(1*), Diyah Ayu Rizqiani(2), Syahrul Ramadhan(3), Mukhaiyar Mukhaiyar(4), Linda Sari Bulan(5),

(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau, Pekanbaru , Indonesia.
(3) Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
(5) International Islamic University Malaysia, Gombak, Kuala Lumpur.
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v3i1.47422

Abstract


Science is something commonly used worldwide and especially in the field of education. Suitable with teaching methods, science will be transferred to the students by the teachers. The need for better results on the educational system and educational evaluation in Indonesia requires a good quality of the educators of course in this phenomenon is the teachers. The professional teacher's personality is a combination of who the teacher is and the teachers are as educators. It means that teachers' capabilities and mindsets will affect the transfer of science to the students. The priority of this target is to get information about the value of English teachers in the Islamic Elementary School of Madrasah Ibtidaiyah Pekanbaru (n=6), which teaches at five schools in Pekanbaru. The questionnaire and observation were given by representing the profile of the teachers, including educator requirements, teachers’ competence, professional graduation, and the teachers’ attitude. And how well the English teachers have the component to transfer knowledge and guide the students to learn English, as we know well that English is a communication language. This survey aims to determine how teachers meet the standards set out in UU No. 14 of 2005 for the Teaching Profession.


Full Text:

PDF

References


Bradley-Levine, J. (2022). Partisipasi Pimpinan Guru dalam Evaluasi Guru. International Journal of Teacher Leadership Bradley Evaluation , 50 (1), 50–72.

Daif -Allah, AS, & Aljumah , FH (2020). Mengembangkan Bahasa Inggris

Keterampilan Mengajar Guru Saudi untuk Pelajar Muda. Pengajaran Bahasa Inggris , 13 (3), 20. https://doi.org/10.5539/elt.v13n3p20

Dele- Ajayi , O., Fasae , OD, & Okoli , A. (2021). Kekhawatiran guru tentang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi di kelas. PLoS ONE , 16 (5 Mei). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0249703

Hakim, A. (2015). Kontribusi Kompetensi Guru (Pedagogik, Kepribadian, Kompetensi Profesional dan Sosial) Terhadap Kinerja Pembelajaran. Jurnal Internasional Teknik dan Sains , 4 (2), 1–12.www.theijes.com

Luthfiyyah , R., Cahyono , BY, Ivone , FM, & Suryati , N. (2022). Konsepsi Guru Sekolah Menengah EFL tentang Penilaian Online dalam Pengajaran Jarak Jauh Darurat: Studi Fenomenografi . Studi dalam Bahasa Inggris dan Pendidikan , 9 (3), 1041–1058. https://doi.org/10.24815/siele.v9i3.23459

Meli , D., Mobonggi , AH, & Erwinsyah , A. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Minat Belajar Siswa . Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 7 (1), 71–85. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1117

Nellitawati , N. (2020). Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap moral kerja guru. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Konseling , 3 (1).

https://doi.org/10.32698/0931

Nieto, S. (2017). Bahasa, Budaya, dan Pengajaran: Perspektif Kritis. Dalam Bahasa, Budaya, dan Pengajaran: Perspektif Kritis. https://doi.org/10.4324/9781315465692

Oviyanti , F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib : Jurnal Pendidikan Agama Islam , 3 (1), 75. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.1384

Alwafi, Enas Mohammad. 2022. “Merancang Strategi Diskusi Online dengan Umpan Balik Learning Analytics pada Tingkat Kehadiran Kognitif dan Interaksi Siswa dalam Komunitas Pembelajaran Online.” Jurnal Pembelajaran Daring 26(1).

Bradley-Levine, Jill. 2022. “Partisipasi Pimpinan Guru dalam Evaluasi Guru.” Jurnal Internasional Kepemimpinan Guru Bradley-Levine  Evaluasi Guru 50(1): 50–72.

Cholsy, Hayatul. 2022. “Bahasa Asing Versus Indonesia dan Lokal dalam Identitas Nama Badan Usaha di Desa Wisata Sosrowijayan Yogyakarta.” : 114–23.

Coutinho, Jardel. 2023. “Perspektif Siswa tentang Teknik 4/3/2 dan Penilaian Diri untuk Meningkatkan Kefasihan Berbicara Bahasa Inggris.” 10(1): 41–59.

Daif-Allah, Ayman Sabry, dan Fahad Hamad Aljumah. 2020. “Mengembangkan Keterampilan Mengajar Bahasa Inggris Guru Pembelajar Muda Saudi.” Pengajaran Bahasa Inggris 13(3): 20.

Desain, Kurikulum dkk. 2020. “Informasi Mendesak: Mengintegrasikan Komunikasi Ilmiah ke dalam Pendidikan Sekolah Menengah dan Pelajaran Teknologi Informasi 2020: Penelitian Desain Kurikulum.” 18(3): 1–2.

Fitri, Rahayu. 2022. “Keefektifan Metode Kreatif-Produktif Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Teks Siswa Kelas VII Smp (Keefektifan Metode Kreatif-Produktif Berorientasi Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Menulis Teks Siswa Kelas Vii Smp).” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat 8(2): 194–212.

Gemmink, Michelle M., Marjon Fokkens-Bruinsma, Ietje Pauw, and Klaas van Veen. 2020. “Di Bawah Tekanan? Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Praktik Pedagogisnya.” Jurnal Pendidikan Guru Eropa 43(5).

Gumilar, Ganjar. 2022. “Penghubung Perorangan: Gregorius Sidharta, Tradisi, dan Modernitas.” Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya 50(2): 176.

Indriyani, Vivi, Yasnur Asri, and Syahrul Ramadhan. 2018. “Desain Modul Pembelajaran Menulis Argumentative Text Based Problem Based Learning.” 263(Ikl): 194–200.

Kamerilova, Galina Savelyevna dkk. 2018. “Model Pengajaran Komunikatif: Pembentukan Kompetensi Pedagogik Profesional di Kalangan Guru Sekolah Kesehatan dan Keselamatan Kerja.” Espacios 39(29).

Kapofu, Lifeas Kudakwashe. 2019. “Budaya Guru dan Konteks Muncul di Dua Ruang Kelas Sains Terpisah di Afrika Selatan: Etnografi Terfokus.” Jurnal Pendidikan Afrika Selatan 39(2): 1–8.

Livingstone, Kerwin A. 2019. "Tempat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Desain dan Pengembangan Kurikulum." International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT) 15(4): 180–97.

Mayuni, Ilza dkk. 2022. “Merancang Model E-Coaching Literasi untuk Guru Bahasa Inggris SMP di Indonesia.” Jurnal Teflin 33(2): 310–29.

McGeehan, Catherine, Sandra Chambers, dan Jessica Nowakowski. 2018. “Hanya Karena Ini Digital, Bukan Berarti Bagus: Mengevaluasi Buku Gambar Digital.” Jurnal Pembelajaran Digital dalam Pendidikan Guru 34(2).

Muhassin, Mohammad, dan Sonia Octavia. 2021. “Menyelidiki Kesalahan Siswa EFL dalam Menggunakan Preposisi Waktu dan Tempat.” KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora 1(2).

Murphy, Timotius RN dkk. 2020. “Keberadaan Seorang Guru: Kesejahteraan Pedagogis Guru dan Perawatan Diri Guru.” Guru dan Pengajaran: Teori dan Praktek 26(7–8).

Nelitawati, Nelitawati. 2020. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Semangat Kerja Guru.” Jurnal Konseling dan Teknologi Pendidikan 3(1).

Novitri, Safriyani, dan Universitas Islam Riau. 2021. “J-SHMIC : Journal of English for Academic Development Narrative Text-Based Module for Teaching Reading Comprehension: Fokus pada Kepraktisan.” 8(2): 132–39. https://journal.uir.ac.id/index.php/jshmic.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2022. “Desain Pengajaran dan Materi Bahasa Indonesia Di Universitas Thailand dan Manila, Filipina, Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Bipa (Desain Pengajaran Dan Materi Bahasa Indonesia Di Universitas Thailand Dan Manila Filipina, Berbasis Kearifan Lok.” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat 8 (2): 154–71.

Pratiwi, Syifa Nanda, dan Eri Kurniawan. 2021. “Gerakan Retoris dan Pengembangan Pengetahuan Genre Abstrak Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia: Sebuah Analisis Komparatif.” Studi dalam Bahasa Inggris dan Pendidikan 8(3): 885–900.

Ramadhan, S., E. Sukma, dan V. Indriyani. 2019. “Pendidikan Lingkungan dan Mitigasi Bencana Melalui Pembelajaran Bahasa.” Seri Konferensi IOP: Ilmu Bumi dan Lingkungan 314(1).

Ramadhan, Syahrul, Vivi Indriyani, Yasnur Asri, and Elfia Sukma. 2020. “Perancangan Modul Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berbasis Project Based Learning (PjBL) Dengan Menggunakan Perangkat Mobile.” Jurnal Fisika: Seri Konferensi 1471(1).

Riikonen, Sini Maarit dkk. 2020. “Pengembangan Infrastruktur Pedagogis dalam Tiga Siklus Proyek Pembelajaran yang Berpusat pada Pembuat.” Pendidikan Desain dan Teknologi 25(2): 29–49.

Rissanen, Antti, dan Kalle Saastamoinen. 2018. "Pendekatan Berbasis Desain untuk Perencanaan dan Pengembangan Kursus." Jurnal Reformasi Pendidikan 3(2): 78–87.

Samad, Sulaiman, dan Fitriani Dzulfadhilah. 2022. “EFEK GAME CHAIN WHISPER TERHADAP ANAK-ANAK.” : 107–13.

Sukma, E., S. Ramadhan, dan V. Indriyani. 2020. “Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar.” Jurnal Fisika: Seri Konferensi 1481(1).

Toraby, Ehsan, dan Ghasem Modarresi. 2018. "Emosi Guru EFL dan Pandangan Peserta Didik tentang Kesuksesan Pedagogis Guru." Jurnal Internasional Instruksi 11(2).

Tutyandari, Caecilia. “SENSI KESIAPAN GURU BAHASA INGGRIS UNTUK MENGAJAR: SEBUAH KASUS BAHASA INDONESIA.” (2007): 367–85.

Wardana, I. Ketut, Putu Ayu Paramita Dharmayanti, dan Anak Agung Putu Arsana. 2022. “Pendekatan Pembelajaran Bahasa Komunikatif Dosen ELT Dalam Mengarahkan Emosi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.” Studi dalam Bahasa Inggris dan Pendidikan 9(3): 1071–92.

Zulfikar, Teuku dkk. 2022. “Melihat ke Dalam Kelas EFL: Mempromosikan Pembelajaran Produktif melalui Strategi Bertanya Guru.” Studi dalam Bahasa Inggris dan Pendidikan 9(3): 1019–40.

Sipman , G., Martens, R., Thölke , J., & McKenney , S. (2021). Pengembangan profesional terfokus pada intuisi dapat meningkatkan kebijaksanaan pedagogis guru. Mengajar dan Pendidikan Guru , 106 . https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103442

Sudjana. (2005). sudjana . Di Metoda statistika .

Thamaria , N., & Unigarro et al. (2005). Tidak ada Judul . _ Jurnal dari Informasi Kimia dan Pemodelan, 12 Suppl 1 (9), 1–29. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com

Thompson, J. (2009). Kemajuan belajar sebagai alat visi untuk memajukan kinerja pedagogis guru pemula. ... dalam Konferensi Sains , 1 . http://tools4teachingscience.org/papers/pubs/LeaPs.pdf

Wardana , IK, Dharmayanti , PAP, & Arsana , AAP (2022). Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif Dosen ELT Dalam Mengarahkan Emosi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Studi dalam Bahasa Inggris dan Pendidikan , 9 (3), 1071– 1092. https://doi.org/10.24815/siele.v9i3.24830.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: [email protected]

Published by:

Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Indexed by:

  

Editorial Office:  

Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung  AC, Indonesia

 


Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License