LITERASI KEBIJAKAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI TERKAIT PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI: KAJIAN LINGUISTIK SISTEMIK FUNGSIONAL

Nur Qalbi Andini. A(1*), Nensilianti Nensilianti(2), Johar Amir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v2i2.40601

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna ideasional literasi kebijakan Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi terkait pembelajaran pada masa pandemi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan linguistik sistemik fungsional dalam mengkaji makna eksperensial dan makna logis dalam makna ideasional. Data penelitian ini berupa klausa yang diperoleh dari hasil literasi teks Surat Edaran Kemdikbudristek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deksriptif. Data penelitian ini berupa tulisan dari frasa, kalimat, klausa hasil literasi Surat Edaran Kemdikbudristek. Sumber data penelitian ini merupakan Surat Edaran yang diterbitkan oleh Kemdikbudristek terkait pembelajaran pada masa pandemi tahun 2020-2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data, yaitu reduksi kata, penyajian kata, penyimpulan dan verifikasi hasil penelitian. Hasil temuan dalam penelitian ini berupa bentuk makna ideasional dilihat dari transivitas yang terdiri atas proses, partisipan, dan sirkumstan. Proses material: cuci tangan dengan sabun di air mengalir. Proses mental: mengetahui metode pembelajaran. Proses verbal: memastikan diri dalam keadaan sehat, melakukan karantina mandiri, dan melakukan tes swab. Proses rasional: diharapkan dapat menjadi duta perubahan perilaku. Proses behavioral: batuk dan pilek. Proses wujud/eksistential terjadi klaster penularan Covid-19; Sedangkan partisipan berupa pengindera, sasaran (target), penyandang, petingkah laku; Selanjutnya sirkumstan berupa adverbia waktu dan adverbia tempat.

Kata Kunci: Linguistik Sistemik Fungsional, Kebijakan Kemdikbudristek, Makna Ideasional.


Full Text:

PDF

References


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Thompson, G. (2004) Introducing Functional Grammar. London: Arnold.

Wiratno, Tri. (2009). Makna Metafungsional Teks Ilmiah dalam Bahasa Indonesia pada Jurnal Ilmiah: Sebuah Analisis Sistemik Fungsional (Disertasi). Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Wiratno, Tri., 2018. Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: wahanaliterasi@unm.ac.id

Published by:

Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Indexed by:

  

Editorial Office:  

Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung  AC, Indonesia

 


Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License