Pengaruh Aplikasi Google Meet dan Aplikasi Zoom Cloud Meeting dalam Keterampilan Menulis Resensi Novel

Fadly Maulana(1*), Sulastriningsih Djumingin(2), Ambo Dalle(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/wl.v1i1.27462

Abstract


Abstrak. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aplikasi google meet terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Terbukti dari perbandingan nilai mean pretest dan postest yaitu 53,26 < 72,75 dan hasil uji paired sample t test diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,843 > 2,045 dengan taraf signifikansi (2 sisi) 5% = 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. (2) aplikasi zoom cloud meeting terdapat perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Terbukti dari perbandingan nilai mean pretest dan postest yaitu 52,75 < 73,91 dan hasil uji paired sample t test diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,786 > 2,045 dengan taraf signifikansi (2 sisi) 5% = 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. (3) aplikasi google meet dan zoom cloud meeting tidak terdapat pengaruh signifikan dalam keterampilan menulis resensi novel siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Terbukti dari hasil uji independent sample t test diperoleh thitung ≤ ttabel yaitu -0,800 ≤ 2,002 dengan taraf signifikansi (2 sisi) 5% = 0,05 sehingga H1 ditolak dan H0 diterima.

 


Full Text:

PDF

References


Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020

Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Raja Grafindo Persada.

Fanani, B. (2016). Mengayakan Kalimat dan Imajinasi. Araska.

Gazali, N. (2020). Kolaborasi Google Meet – Google Classroom – Whatsapp Sebagai Solusi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. In BUNGA RAMPAI Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Selama Pandemi Covid-19 (p. 292). Akademia Pustaka.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Hasanah, N. (2020, November 18). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Google Form dan Google Meet | Tabloid Cermin [Blogspot]. https://tabloidcermin.com/2020/11/18/meningkatkan-keaktifan-siswa-dalam-pembelajaran-daring-melalui-media-google-form-dan-google-meet/

Hermawan, Y. (2017). Pembelajaran Mengonstruksi Sebuah Resensi Dari Cerita Pendek Dengan Menggunakan Media Lectora Inspire di Kelas XI SMAN 17 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017 [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/29902/

Ibda, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Resensi Buku Ilmiah pada Mahasiswa Melalui Program Satu Semester Satu Resensi (TUTER TENSI). Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i1.1998

Ikhwan, A. N. (2020). Penggunaan Software Dalam Pembelajaran Kampus di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. PT Remaja Rosdakarya.

Kosasih, E., & Kurniawan, E. (2019). 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA MA/SMK (Vol. 1–552 hlm). Yrama Widya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra (1st ed). BPFE.

Rahadi, K. (2010). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Erlangga. http://digilib.unsil.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9093

Sardila, V. (2016). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’ : Jurnal Pendidikan Islam, 40(2), 110–117.

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D (23rd ed.). Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2013). MENULIS Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 7. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Zoom Video Communications Inc. (2016). Zoom Global Infrastructure and Security Guide.pdf. https://zoom.com.cn/docs/doc/Zoom_Global_Infrastructure.pdf


Article Metrics

Abstract view : 238 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Email: [email protected]

Published by:

Language Education Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

Indexed by:

  

Editorial Office:  

Graduate Program Universitas Negeri Makassar, Jalan Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung  AC, Indonesia

 


Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License