PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI UPT SMAN 1 SOPPENG

Andi Kasmawati(1), Muh. Sudirman(2), Salsabila Syamsul Rizal(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peran guru sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di UPT SMAN 1 Ssoppeng. (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan guru dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di UPT SMAN 1 Soppeng. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam meningkatkan Pendidikan karakter siswa di UPT SMAN 1 Soppeng dalam hal ini diketahui dari hasil penelitian tersebut adalah peran guru dalam memberikan nilai karakter yang tercantum dalam RPP sudah diberikan kepada siswa di dalam kelas. Di mana guru telah mampu memunculkan nilai-nilai karakter dari delapan belas karakter di dalam kelas. Dengan demikian, seorang guru mempunyai peran dalam pencapaian prestasi belajar siswa dan membentuk karakter-karakter siswa di sekolah. 2) Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di UPT SMAN 1 Soppeng dari hasil penelitian diatas bahwa guru dalam meningkatkan pendidikan karakter tidak hanya terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung di kelas, namun saat di luar jam pelajaran guru juga senantiasa menjalankan peranannya terhadap Pendidikan karakter siswa. Guru sudah menunjukkan sebagai teladan bagi siswanya seperti datang tepat waktu di kelas, berpakaian sopan dan rapi, bertanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya sebagai seorang guru maupun sebagai wali kelas.


Keywords


Peran Guru, Pendidikan Karakter, Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by