Pengaruh Korean Wave terhadap Identitas Nasional di Kalangan Remaja Indonesia

Aftino Daffa Habibi(1*), Amelya Nurlitta Kencana(2), Anggita Khoirunnissa(3), Ashilah Nahdah Junaedi(4), Delverosa Diko Crysan Azahra(5), Suryo Ediyono(6),

(1) Sebelas Maret University
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(4) Universitas Sebelas Maret
(5) Universita Sebelas Maret
(6) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author



Abstract


Budaya populer Korea yang disebut "Korean Wave" atau sederhananya "K-Wave" telah menjangkau seluruh dunia, khususnya Indonesia. Media cetak regional dan nasional menyebarkan Korean wave baik online maupun offline. Pembaca disuguhi artikel tentang musik Korea, film, fashion, selebriti, budaya, perjalanan atau masakan (Ese Dani, 2012). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur dilakukan untuk memperkuat permasalahan yang dikaji dan menjadi dasar dalam memberikan pemahaman mengenai memperkokoh identitas nasional pada kalangan remaja di era digital. Fenomena K-Wave di Indonesia merupakan salah contoh nyata dari globalisasi, khususnya globalisasi budaya. Peristiwa Korean Wave ini bagus untuk dipelajari dan dicermati oleh kaum muda Indonesia namun akan memiliki dampak negatif apabila dibiarkan dan tidak disaring oleh generasi muda Indonesia sehingga dapat mengancam ketahanan nasional. Apabila kebudayaan Indonesia berkurang atau luntur maka rasa nasionalisme dan kebanggan yang dimiliki kaum muda akan nasionalisme akan luntur termakan oleh budaya asing. Dalam studi kasus yang dilakukan, penulis menemukan adanya sisi negatif dan sisi positif dari masuknya kebudayaan korea ke dalam masyarakat Indonesia.


Keywords


Korean Wave, Identitas Nasional, Remaja

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by