Keamanan Sibernetika dan Tantangan Geopolitik di Era Digital

Anindia Dwi Maharani(1*), Aulia Ryndha Luthfitasari(2), Bagas Alif Rachman(3), Aditya Rahman(4), Suryo Ediyono(5),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) 
(3) Universitas Sebelas Maret
(4) Universitas Sebelas Maret
(5) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author



Abstract


Kehidupan manusia senantiasa mengalami perubahan dan peningkatan akibat kemajuan peradaban yang terjadi akibat munculnya penemuan-penemuan oleh para ilmuwan. internet merupakan salah satu penemuan terbesar dalam sejarah peradaban manusia yang memberikan banyak kemudahan sekaligus tantangan. Hal tersebut harus disikapi secara bijaksana sehingga perubahan yang ada dapat membawa kemajuan bangsa. Namun apabila tidak dapat disikapi dengan baik akan membawa dampak negatif khususnya bagi pertahanan negara. Salah satu dampak perubahan tersebut adalah saat ini siber dianggap sebagai salah satu masalah penting yang menjadi fokus pemerintah. Peran pemerintah dalam memberantas kejahatan siber ini sangat diperlukan supaya tidak ada lagi kebocoran data seperti kebocoran data BPJS. Artikel ini bertujuan menyelidiki dinamika serangan siber terhadap sekitar. Artikel ini juga mengusulkan beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan untuk keamanan nasional Indonesia dalam menanggapi ancaman cybercrime.


Keywords


Security, Cybernetics, Geopolitical Challenges, Digital

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by