Peran Masyarakat dalam Pemilu sebagai Wujud Penerapan Demokrasi di Indonesia

Ameliawati Suprapto(1*), Aninda Khoyrul Afif(2), Andrian Abib Abednego(3), Muhammad Amin Khoirul Mudhakir(4), Suryo Ediyono(5),

(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Sebelas Maret university
(3) Sebelas Maret university
(4) Sebelas Maret university
(5) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Pemilu dapat terwujud secara demokratis apabila dilihat dari masyarakatnya yang berperan aktif di dalam proses berjalannya pemilu dari awal sampai akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dan kepustakaan. Data yang didapat berupa deskriptif dan analisis permasalahan berdasarkan jurnal dan literatur. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah permasalahan sengketa, administrasi, kurang adanya sosialisasi pemilu kepada masyarakat serta adanya permasalahan dari pihak caleg mengenai penggunaan dana reses dalam kampanye. Kesimpulannya adalah Masyarakat memiliki peranan yang penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum, karena menjadi faktor utama suksesnya pemilu.

Kata kunci : pemilu; masyarakat; demokrasi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by