Pola Pembinaan Karakter Dalam Membangun Kedisiplinan Siswa Di Sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja

Mustaring Mustaring(1), Andika Wahyudi Gani(2), Kurti Novitasari Anthonius(3*),

(1) Fak. Ilmu Sosial dan Hukum
(2) Fak. Ilmu Sosial dan Hukum
(3) Fak. Ilmu Sosial dan Hukum
(*) Corresponding Author



Abstract


Kurti Novitasari Anthonius. 2023 Pola Pembinaan Karakter Dalam Membangun Kedisiplinan Siswa Di Sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja, Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan PPKn dan Hukum Bisnis Fakultas Ilmu Sosial da|n Hukum Universitas Negeri Makassar, Dibimbing Bapak Mustaring, M. Hum dan Andika Wahyudi Gani. S.H.LL.M

            Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bentuk upaya sekolah dalam membangun karakter kedisiplinan siswa di sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja. (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa di sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil wawancara bersama Kepala sekolah dan Guru serta Siswa-siswi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya sekolah dalam membangun karakter kedisiplinan siswa di sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja yaitu menanamkan pendidikan kedisiplinan, memberikan contoh atau teladan. Membiasakan untuk tidak menunda tugas serta memiliki tekad dan komitmen yang kuat. Upaya pendidikan karakter kedisiplinan yang di lakukan guru sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja sudah berjalan sebaimana mestinya, para guru dan siswa sudah menjalankan tugas serta tanggungjawabnya dengan baik sesuai dengan nilai-nilai pancasila. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa di sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja adalah, keteladanan guru dan Tata Tertib Sekolah. Sedangkan faktor penghambat dalam membangun karakter kedisiplinan siswa di sekolah SMA Negeri 3 Tana Toraja adalah siswa itu sendiri, orang tua atau keluarga, pergaulan.

Kata Kunci: Pola Pembinaan, Karakter Kedisiplinan

 

 


Keywords


Pola Pembinaan, Karakter Kedisiplinan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by