ANALISIS PELANGGARAN KODE ETIK OLEH HAKIM DALAM PERSIDANGAN PERKARA TINDAK PIDANA FERDY SAMBO

Bakhtiar Bakhtiar(1), Mustaring Mustaring(2), Richlah Nur Majdina(3*),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ketentuan hukum terhadap kode etik dan perilaku hakim. (2) Analisis pelanggaran kode etik oleh hakim dalam persidangan perkara tindak pidana Ferdy Sambo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengangkat suatu kasus yang ditelaah melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan dua hal yaitu, (1) Ketentuan hukum terhadap kode etik dan perilaku hakim mengharuskan hakim dalam persidangan untuk bersikap seimbang, netral, dan senantiasa menunjukkan sikap arif dan bijaksana. (2) Ketua Majelis Hakim dalam persidangan perkara tindak pidana yang dilakukan oleh Ferdy Sambo secara nyata dan meyakinkan kurang bersikap arif dan bijaksana saat mendengarkan dan menanggapi keterangan Kuat Ma’ruf yang juga terlibat dalam perkara tindak pidana yang didalangi oleh Ferdy Sambo, sehingga melanggar kode etik dan perilaku hakim dalam persidangan.

Kata Kunci: Pelanggaran, Kode Etik Hakim, Persidangan, Tindak Pidana Ferdy Sambo

Keywords


Pelanggaran, Kode Etik Hakim, Persidangan, Tindak Pidana Ferdy Sambo

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by