PERAN LEMBAGA KEMAHASISWAAN DALAM PEMBENTUKAN SOLIDARITAS (STUDI PADA HIMA PPKn FIS-H UNM)

Hasnawi Haris(1*), Imam Suyitno(2), Meillianto Edgar Senga(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) FIS-H UNM
(3) FIS-H UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui bentuk solidaritas dalam HIMA PPKN FIS-H UNM, serta (2) Upaya HIMA PPKN FIS-H UNM dalam mempertahankan solidaritas antar mahasiswa. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu Observasi, Wawancara secara daring dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah menggunakan analisis data secara kualitatif deskriptif. Penyajian data dalam bentuk teks naratif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk solidaritas di HIMA PPKn FIS-H UNM secara normatif bersifat organik, namun implementasinya bersifat mekanik. Dengan kata lain, solidaritas organik terwujud dalam pembagian tugas dan program kerja. Solidaritas mekanis diterapkan ketika program kerja dijalankan, hal ini tentunya melibatkan seluruh masyarakat PPKn FIS-H UNM. (2) Upaya HIMA PPKn FIS-H UNM dalam mempertahankan solidaritas terdiri dari dua, yakni Membangun pemahaman “satu keluarga” pada mahasiswa dan alumnus PPKn FIS-H UNM dan Memberantas sikap intoleransi dalam diri mahasiswa PPKn FIS-H UNM.


Keywords


Solidaritas, Bentuk, HIMA PPKn FIS-H UNM

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by