PERANAN GURU DALAM MEMBIMBING SISWA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN 1 SOPPENG KEC.LALABATA, KAB.SOPPENG

Rakhiyya Rakhiyya(1*), Imam Suyitno(2), Manan Sailan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


RAKHIYYA, 2022. Peranan Guru Membimbing Siswa Dalam Memotivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN 1 Soppeng, Kec.Lalabata, Kab.Soppeng. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Imam Suyitno, M.Si selaku pembimbing I dan Prof. Dr. Manan Sailan, M.Hum selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi guru dalam memotivasi siswa belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN 1 Soppeng, Kec.lalabata, Kab.Soppeng.  (2) Faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  di SMPN 1 Soppeng, Kec. Lalabata, Kab. Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif  yang ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena kondisi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data yang diperoleh dari sekolah  dan informan yang terdiri dari dari guru PPKn serta siswa SMPN 1 Soppeng. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyadian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Strategi guru dalam memotivasi siswa belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN 1 Soppeng, Kec.lalabata, Kab.Soppeng.  terdiri dari Pemberian apresiasi atau penghargaan yang berupa pujian dan nilai, mengadakan persaingan atau kompetisi, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, melibatkan diri untuk membantu siswa serta pengulangan materi atau pengadaan kuis. Berbagai cara tersebutlah yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa dalam belajar. (2) Adapun beberapa  faktor yang menyebabkan rendahnya  motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  di SMPN 1 Soppeng, Kec. Lalabata, Kab. Soppeng terdiri dari pemberian tugas yang terlalu banyak, tidak adanya minat siswa dalam mata pelajaran PPKn karena tidak sesuai dengan bakat yang dimiliknya, penggunaan handphone berlebihan yang membuat pola tidur siswa kurang akibatnya selalu mengantuk di kelas, serta pengaruh lingkungan yang meliputi keluarga serta pengaruh teman sebaya seperti halnya bergaul dengan teman yang malas belajar dan sering bolos maka akan berpengaruh negatif terhadap siswa tersebut.


Keywords


Peranan Guru, Motivasi belajar dan Strategi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 12 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar

Gedung FIS Lt. 1 Kampus UNM Gunungsari Baru Jl. Raya Pendidikan Makassar 90222

Contact Person: Dr. Muh. Sudirman, S.Ag M.Pd (081355035326)

e-mail : tomalebbi@unm.ac.id

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  has been indexed by: