Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Metode Estafet Writing Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 17 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v4i1.54017
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyono, B. E. H., Irawati, L., & Meydila, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Rekreasi-Prokreasi dan Minat Baca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 1-10.
Fadlilah, H. N., Endang, U., & Yuniartin, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Menggunakan Metode Menulis Berantai (Estafet Writing). BESTARI: Jurnal Studi Pendidikan Islam.(16), 1(3).
Hasibuan, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sinetika dengan Teknik Menulis Berantai Siswa Kelas x SMA Negeri 1 Na. ix-x Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(2), 130-138.
Hidayat, A. (2009). Pembelajaran sastra di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 221-230.
Mirnawati, M. (2015). Tinjauan Terhadap Problematika Pembelajaran Sastra Indonesia pada Pendidikan Formal. Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra, 16(1).
Riama, R. (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Ilmiah Warta
Sari, M. P., & Hasanudin, C. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Metode Estafet Writing pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Prosiding 2(1), 893–898.
Santoso, A. (2013). Pendalaman Materi Bahasa Indonesia. Malang: UM Press.
Suprayitno, E. (2015). Permasalahan Pembelajaran Sastra dan Solusi Alternatif. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1).
Yanda, D. P., & Ramadhanti, D. (2019). Problematika Pembelajaran Menulis Cerpen di Sekolah Menengah Tujuan SM3T. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1–15.
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).
Article Metrics
Abstract view : 25 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)
Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License