PENGARUH MODEL TALKING STICK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS TANGGAPAN
(1) Universitas Negeri Makassar, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar, Jalan Daeng Tata Raya, Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v3i3.49916
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ariawan, V. A. N., Agustin, E. D., & Rahman, R. (2019). Bermain Sebagai Sarana Mengembangkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 31-33.
Firman, F., Mirnawati, M., & Aswar, N. (2021). How to Improve Indonesian Language Learning Outcomes at Madrasah Tsanawiyah Through the Talking Stick Learning Model. TEKNOSASTIK, 19(2), 121.
Frensivitasari, A., Ariesta, R., & Kurniawan, R. (2020). Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Berdasarkan Film Pendek Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 277.
Hartati, H. (2019). Improving Vocabulary Mastery By Using Talking Stick Method To The Eight Grade Students Of Mts Annajah Petaling. The Journal of English Literacy education: The teaching and Learning of English as a Foreign Language, 6(2), 95.
Heavenlim, N. R., Abdussamad, A., & Wartiningsih, A. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan Kritis pada Siswa Kelas IX SMPN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 4.
Jalongo, M.R. (2010). Listening in early childhood: An interdisciplinary review of the literature. International Journal of Listening, 24 (1), 1-18.
Juangsih, J. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Menyimak Bahasa Jepang dan Pengajarannya. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 17.
Marlina, R. P. (2018). Analisis Kesalahan Menyimak Teks Biografi Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 18 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS), 12.
Maryani, M., & Sinaga, H. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks pada Siswa Kelas XI Sekolah Internasional Bukit Sion. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 2(2), 175.
Nurtanto, M., Kholifah, N., Ahdhianto, E., Samsudin, A., & Isnantyo, F. D. (2021). A Review of Gamification Impact on Student Behavioral and Learning Outcomes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(21), 23.
Noviasari, W. (2017). Penggunaan Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SD Negeri Bumi Rahayu Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Metro, 1.
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 104.
Rahman, R., Fudhaily, A. W., & Firdaus, F. U. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyimak Konsentrasi Melalui Guided Listening Materi Teks Ekplanasi di Kelas VI. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(6), 387.
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 40.
Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media flash card untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 300.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 129.
Article Metrics
Abstract view : 132 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)
Email: [email protected]
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License