TINDAK TUTUR ILOKUSI ACARA MAPPETTU ADA BUGIS BONE DAN IMPLIKASI TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INDONESIA (KAJIAN PRAGMATIK)

Nurlyana Muhtar(1), Usman Usman(2), Andi Agussalim AJ(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v2i2.24262

Abstract


Tindak Tutur Ilokusi Acara Mappettu Ada Bugis Bone dan Implikasi terhadap Pengajaran Bahasa Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi acara mappettu ada bugis Bone Sulawesi selatan dan implikasi terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang melakukan mappettu ada di Kab. Bone. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif mengenai tutur ilokusi acara mappettu ada bugis Bone dan implikasi terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu, observasi dan Dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode kontekstual, yakni dengan menerapkan dimensi-dimensi konteks dalam menafsirkan data yang dikumpulkan, diidentifikasi dan diklasifikasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 33 data ilokusi yang ditemukan dalam sebuah rekaman suara dalam acara mappettu ada masyarakat bugis Bone yang diambil secara acak pada setiap percakapan. Penggunaan tindak tutur asertif akan sangat berguna bagi efektivitas komunikasi dalam dunia pengajaran terutama pengajaran bahasa. Melalui penggunaan tindak tutur asertif dengan paradigmanya, diharapkan dapat memberikan hasil pengajaran bahasa yang lebih baik bagi para peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Hilman Hadikusuma. 1983. Hukum Perkawinan Adat. Bandung: Cet. II.

Juanda, Juanda. 2015. Analisis Wacana. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Monika. 2018. Tindak Tutur Ilokusi Bahasa Bugis dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Parigi. Skripsi

Searle, J. R. 1969. Speech Acts: An Essay in the Philosophy of Language. Cambridge: Cambridge University Press.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wijaya. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.


Article Metrics

Abstract view : 252 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) 

Email: [email protected]

 

Indexed by:

    

 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License