POLA PEMAKAIAN BAHASA MAHASISWA ASAL BONE DI MAKASSAR (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

Eka Rezkia Noor(1), Ramly Ramly(2), Muhammad Saleh(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universita Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v2i3.24260

Abstract


Pola Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asal Bone di Makassar (Kajian Sosiolinguistik). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pemilihan bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Bone dengan sesama mahasiswa Bone, pola pemilihan bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Bone dengan mahasiswa yang berasal dari luar Kabupaten Bone, wujud alih kode dan campur kode yang digunakan oleh mahasiswa Bone di Makassar yang digunakan oleh mahasiswa Bone di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara umum, 20 mahasiswa Bone yang menjadi responden dalam penelitian ini menggunakan bahasa Bugis ketika berkomunikasi dengan sesama mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Bone selama berkuliah di Makassar, persentase sebanyak 80,0 %, ketika berkomunikasi dengan mahasiswa yang berasal dari luar Kabupaten Bone, secara keseluruahan menggunakan bahasa Indonesia dengan persentase 100 %. Mengenai Wujud alih kode yang digunakan oleh mahasiswa Bone di Makasar mencakup dua bentuk alih kode, yakni alih kode ke dalam dan alih kode ke luar. Sedangkan untuk wujud campur kode yang digunakan oleh mahasiswa Bone di Makasar mencakup tiga bentuk, yakni campur kode yang terjadi pada tataran kata, frasa, dan klausa.


Full Text:

PDF

References


Aslinda dan Syafyahya, L. 2010. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Mundianita. 2011. Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Jawa dalam Rapat Ibu-Ibu PKK di Kepatihan Kulon Surakarta (Suatu Kajian Sosiolinguistik). Tesis. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Chaer, A. dan Agustina, L. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik edisi keempat. Jakarta: PT Remedial Pustaka Usama.

Markhamah. 2000. Etnik Cina: Kajian Linguistik Kultural. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rane, Appel dkk. 1976. Sosiolinguistik. Utrecht: Het Spectrum.

Hanggara.L.R. 2014. Pola Pemakaian Bahasa Oleh Mahasiswa Cilacap di Yogyakarta (Kajian Sosiolinguistik). Tesis. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Saleh, Muhammad dan Mahmudah. 2006. Sosiolinguistik. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Septianingsih, L. 2010. Pemertahanan Bahasa Daerah Melalui Penggunaan Bahasa Daerah dalam Karya Sastra. Seminar Nasional Pemertahanan Bahasa Nusantara. Tesis. Semarang: Magister Linguistik PPS UNDIP.


Article Metrics

Abstract view : 308 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) 

Email: [email protected]

 

Indexed by:

    

 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License