INTERFERENSI BAHASA BUGIS TERHADAP BAHASA INDONESIA DI BANK BRI KANTOR CABANG BARRU

Ayu Lestari(1*), Syamsudduha Syamsudduha(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v2i2.24249

Abstract


Interferensi bahasa Bugis terhadap Penggunaan bahasa Indonesia di bank BRI kantor cabang Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interferensi bahasa Bugis terhadap morfologi bahasa Indonesia yang digunakan dalam komunikasi antara pegawai bank dengan nasabah di Bank Kantor Cabang Barru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi, perekaman, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukka bahwa terdapat bentuk interferensi yang ditemukan pada percakapan antara nasabah dan Customer Service atau teller di bank BRI kantor cabang  Barru berupa afiksasi prefiks, klitiksasi jenis proklitik dan enklitik, terdapat pula reduplikasi (pengulangan) dan komposisi (Pemajemukan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa di bank BRI Kantor Cabang Barru terjadi interferensi dalam penggunaan bahasa Indonesia antara nasabah dan pegawai.

Full Text:

PDF

References


Aslinda dan Leni Syafyahya. 2010. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusnadi, Risma L, Rochmadhini. 2015. “ Interferensi Bahasa Indonesia terhadap

Bahasa Jawa dalam Berita Pojok Kampung JTV: Suatu Kajian Sosiolingustik”. Jurnal Budaya, 1(1) hal. 1-14.

Saharuddin. 2016. “Interferensi Bahasa Bugis terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia di Pasar Tradisional Desa Sioyong Kabupaten Donggala”. Jurnal bahasantodea, 4(1), hal. 68-78.

Tamrin. 2014. “Interferensi Morfologi Bahasa Bugis ke Dalam Bahasa Indonesia pada Siswa SMA Negeri 1 Tellilimpoe Kabupaten Sinjai”. Jurnal Multilingual, 13(1), hal. 9-23.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Kedwibahasawan. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 287 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) 

Email: [email protected]

 

Indexed by:

    

 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License