Modifikasi Poros Propeller Mesin Perahu Katinting Sebagai Alat Transportasi Di Danau Tempe
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah yang sering dihadapi oleh para nelayan sekaitan dengan mesin penggerak perahu adalah seringnya terjadi banjir pada sistem bahan bakar dan panas mesin yang berlebihan dan bahkan banyak pula yang pecah silinder bloknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemakaian bahan bakar pada mesin motor katinting yang sebelum perubahan/dimodifikasi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan model matematik. Motor yang digunakan oleh para nelayan di Danau Tempe sebagai penggerak perahu nelayan adalah motor bensin pembakaran dalam yang mereka sebut mesin katinting, artinya pembakaran yang menyebabkan daya usaha kimia bahan bakar diubah menjadi daya usaha tenaga mekanik terjadi di dalam silinder. Unit perlakuan (eksperimen) adalah mesin motor katinting dengan merek Honda GX 150 Satu selinder berbahan bakar premium yang diberikan renggang waktu 5 menit, 10 menit, 15 menit, 20 menit serta 25 menit. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pemakaian bahan bakar pada mesin perahu katinting sebelum dan sesudah modifikasi.
Keywords
Poros Propeller; Mesin Penggerak; Perahu Katinting; Bahan Bakar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 52 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Teknik Mesin "TEKNOLOGI"
Jurnal Teknik Mesin Teknologi Index by:
Published by:
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663
Email: teknikmesin@unm.ac.id
TEKNOLOGI: Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License