Pengaruh Kinerja Mesin Diesel Yanmar L-40-E-DT Terhadap Kandungan O2 dan CO2 pada Emisi Gas Buang

Muhammad Yusuf Baso(1*),

(1) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Proses pembakaran atau penguapan bahan bakar tersebut akan menghasilkan gas buang (emisi). Atmosfer yang bisa disebut udara yang terdiri dari gas utama, yaitu Oksigen (O2) sebanyak kurang lebih 21% volume dan Nitrogen (N2) sebanyak kira-kira 78% dari bagian atmosfer. Sisa 1% lainnya dari berbagai gas, yaitu Argon (Ar) sebanyak 0,94%, sisanya 0,06% terdiri dari CO2, CO, HC, NOx, SOx, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kinerja mesin mesin diesel Yanmar  L-40-E-DT terhadap kandungan O2 dan CO2 pada emisi gas buang. Pada pengujian ini dilakukan variasi pembebanan yaitu 750,1000 dan 1250 gram pada putaran mesin konstan 3000 rpm. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa daya mesin 0,349 – 0,518 (Kw),  kadar oksigennya 18 – 16,5 %, kadar carbon dioksida mengalami kenaikan yaitu 2,5 – 3,7 %. Semakin besar pembebanan  pemakaian bahan bakar semakin naik yaitu 0,149 – 0,199 kg/jam  kadar oksigen menurun yaitu 18 – 16,5%, kadar carbon dioksida naik dari 2,5 hingga 3,7 %.

Kata kunci: Kinerja mesin, Emisi gas buang


Article Metrics

Abstract view : 221 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Jurnal Teknik Mesin Teknologi Index by:

  

 

Published by:

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663

 Email: [email protected] 

 

TEKNOLOGI: Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License