Pengaruh Temperatur Pada Campuran Minyak Kelapa Dan Bahan Bakar Solar Terhadap Sudut Injeksi Dan Dinamika Api

Ismael Marjuki(1*), Tri Agus Susanto(2),

(1) Politeknik Ketapang, Kalimantan Barat
(2) Politeknik Ujung Pandang
(*) Corresponding Author



Abstract


Berbagai sumber minyak/lemak dapat dijadikan sebagai bahan bakar biodiesel, antara lain minyak kelapa (coconut oil), minyak sawit (CPO), minyak biji jarak (jathropha curcas), minyak kedelai, minyak canola (rapessed oil), dan sebagainya.Pada penelitian ini dilakukan pencampuran minyak kelapa dan bahan bakar solar yang diberi temperatur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temperatur pada campuran minyak kelapa dan bahan bakar solar terhadap sudut injeksi dan dinamika api. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental. Pemberian temperatur pada campuran minyak kelapa dan solar dengan suhu 40 oC, 50 oC, 60 oC, 70 oC, dan 80 oC.Dengan kenaikan temperatur pada campuran minyak kelapa dan bahan bakar solar, maka akan menurunkan viskositas dan densitas bahan bakar itu sendiri.

Sudut injeksi sangat dipengaruhi oleh temperatur. Semakin tinggi temperatur, maka semakin menyebar sudut injeksinya. Sudut injeksi tertinggi pada  campuran 50 % minyak kelapa dan 50 % bahan bakar solar yaitu 11.118 0 terjadi pada temperatur 80 0C. Sedangkan Sudut injeksi tertinggi pada campuran 70 % minyak kelapa dan 30 % bahan bakar solar yaitu 10.586 0 juga terjadi pada temperatur 80 0C. Temperatur juga sangat berpengaruh pada dinamika api pembakaran. Semakin tinggi temperatur, maka semakin sempurna hasil pembakaran.

Kata kunci : Minyak kelapa, bahan bakar solar, sudut injeksi, dinamika api, temperatur


Article Metrics

Abstract view : 272 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Jurnal Teknik Mesin Teknologi Index by:

  

 

Published by:

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663

 Email: teknikmesin@unm.ac.id 

 

TEKNOLOGI: Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License