Rancang Bangun dan Analisis Alat Penghemat Bahan Bakar Minyak dengan Proses Elektrolisis Hidrogen-Hidrogen Oksid (HHO)

Muhammad Agung(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan rancang bangun alat penghemat bahan bakar dengan proses elektrolisis Hidrogen-hidrogen Oksid yang selanjutnya akan dianalisis dengan membandingkan prestasi penghematan bahan bakar yang memakai alat penghemat bahan bakar yang dirancang bangun tersebut dengan yang tidak menggunakan pada sebuah sepeda motor uji.

Rancang bangun alat dibagi menjadi beberapa tahapan, yakni pertama adalah perakitan tabung, yaitu dimulai dari pembuatan dudukan elektroda yang dibentuk menyerupai tower dan bahan yang digunakan adalah plexyglass (acrylic), berfungsi sebagai pengikat kawat elektroda. Kedua adalah pemasangan kawat elektroda pada tabung elektroliser dimana 2 lubang yang berdiameter 8 mm dari 6 lubang pada tabung yang digunakan untuk memasang kawat anoda dan katoda. Ketiga pembuatan larutan elektrolit untuk proses elektrolisis HHO. Bahan yang digunakan adalah air sebanyak 1,5 liter dan soda kue 15 gram, kemudian aduk perlahan. Biarkan ada ruang sekitar 5 cm dari tutup tabung. Keempat adalah instalasi alat tersebut ke motor uji kemudian sambungkan arus listrik dari spull tambahan yang telah dirakit pada motor uji ke tabung elektrolisis. Spull tambahan ini berguna menambah pasokan arus listrik yang disupplai oleh batterei (accu) motor.

Pengujian dilakukan dengan 2 bentuk yaitu pertama pengujian statik dimana kendaraan diuji prestasinya dilaboratorium. Kedua pengujian lapangan, kendaraan diuji prestasinya dijalan raya yang telah dipersiapkan. Dari pengujian didapatkan hasil prestasi kehematan bahan bakar 4% dalam 1 liter bensin. Sehingga disimpulkan dari perbandingan pada beberapa literatur maka hasil 4% itu belum maksimal karena pada literatur bisa didapatkan penghematan 3-15%. Harapan penulis bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan campuran elektrolit dan komponen-komponen yang tepat agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kata kunci : rancang bangun, penghematan bahan bakar


Article Metrics

Abstract view : 404 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Jurnal Teknik Mesin Teknologi Index by:

  

 

Published by:

Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663

 Email: [email protected] 

 

TEKNOLOGI: Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License