Analisis Kinerja Mesin Diesel Yanmar L-40-E-DT Terhadap Kandungan Karbon Monoksida (CO) pada Emisi Gas Buang
(1) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembakaran bahan bakar akan menghasilkan gas buang (emisi). Atmosfer yang bisa disebut udara yang terdiri dari gas utama, yaitu Oksigen (O2) sebanyak kurang lebih 21% volume dan Nitrogen (N2) sebanyak kira-kira 78% dari bagian atmosfer. Sisa 1% lainnya dari berbagai gas, yaitu Argon (Ar) sebanyak 0,94%, sisanya 0,06% terdiri dari CO2, CO, HC, NOx, SOx, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kinerja mesin mesin diesel Yanmar L-40-E-DT terhadap kandungan karbon monoksida (CO) pada emisi gas buang. Pada pengujian ini dilakukan variasi pembebanan yaitu 750,1000 dan 1250 gram pada putaran mesin konstan 3000 rpm. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Semakin besar pembebanan pemakaian bahan bakar kadar carbon monoksid naik dari 0 sampai 0,1 %. Perubahan Efisiensi thermal sangat mempengaruhi penurunan dan kenaikan unsur- unsur kimia yang terkandung didalam gas buang, Efisiensi Thermal 16,66 – 24,33%, menghasilkan carbon monoksid sebesar 0,1 %. Carbonmonksid yang dihasilkan oleh gas buang Mesin Diesel Yanmar L 40 sebesar 0,1% lebih kecil dari 0,3% masih dalam kondisi yang diizinkan, layak untuk dioperasikan.
Kata kunci: Kinerja mesin, Emisi gas buang CO
Article Metrics
Abstract view : 361 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Teknik Mesin Teknologi Index by:
Published by:
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 081343555663
Email: teknikmesin@unm.ac.id
TEKNOLOGI: Jurnal Teknik Mesin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License