Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru pada Lembaga Pendidikan
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v9i2.60886
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azis, Q, A., dan Suwatno. (2019). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, (4)2, h. 246-253.
Badrudin, Muliawati, T., Russamsi, Y., dan Prayoga, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, (8)1, h. 66-75.
Darmadi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan “Melejitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi”. Yogyakarta: Deepublish.
Djafri, N. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Hasanah, N., Firdaus, M., dan Rasyid, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Guru di SMA/SMK Muhammadiyah Pekanbaru. Jurnal Ilmu Komunikasi, (9) 4, h. 432-447.
Husamah, Restian, A., dan Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Muhassanah, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Banyumas. Jurnal Utile, (6)1, h. 66-77.
Mulyasa. (2011). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Munajat, J. 2021. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Pengembangan Profesionalisme Guru Suatu Upaya Untuk Membangkitkan Kepedulian Para Pemangku Kepentingan Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Bintang Pustaka Madani.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi: CV Jejak.
Qomusuddin, I. F., & Bunyamin, U. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Indonesia, (1)2, h. 145-160.
Rohani, I., Fitira, H., dan Rohana. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SDN di Kecamatan Sembawa. Jurnal Pendidikan Tambusai, (4)3, h. 1883-1894.
Romadhon, M., dan Zulela. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (5)2, h. 446-1111.
Sopandi, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Leles - Garut). Khazanah Akademia, (3)1, h. 20-31.
Supardi. (2014). Kinerja guru. PT Raja Grafindo Persada
Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru. Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia.
Tulak, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SD. Jurnal KIP, (8)1, h. 59-62.
Yaman, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tunjangan Profesi Guru, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Makassar. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, (2)1, h. 29-4.
Yohanes, R. S. (2010). Teori Vygotsky dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika. Widya Warta: Majalah Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 34(02), 127-135.
Article Metrics
Abstract view : 23 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Razak, Astari Karnedy, Mutmainnah Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,
Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.
Email: jurnal.talenta@unm.ac.id
p-ISSN : 2460-8750
e-ISSN : 2615-1731