Hubungan antara Self Regulated Learning (SRL) dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa

Srifianti Srifianti(1), Lita Patricia Lunanta(2*), Veronica Kristiyani(3),

(1) Universitas Esa Unggul
(2) Universitas Esa Unggul
(3) Universitas Esa Unggul
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v9i1.48092

Abstract


Meningkatnya jumlah masyarakat yang mengalami permasalahan psikologis, yang menurut survey PDKSJ pada 2 tahun terakhir dan dilaporkan berjumlah 14.988 pada tahun 2022. Dimana permasalahan psikologis seperti, cemas, stress dan depresi paling banyak ditemukan pada mahasiswa yang dituntut untuk melakukan tugas yang cukup kompleks sebagai bagian dari tuntutan akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self regulated learning dengan stress akademik pada mahasiswa. Partisipan di dalam penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa, dengan menggunakan nonprobability sampling yaitu teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur Self Regulated Learning adalah alat ukur yang dikembangkan oleh Pintrich (1991) dan alat ukur untuk mengukur Stres dikembangkan oleh S Purwati (2012) yang merupakan alat ukur yang dimodifikasi dari Kuesioner Stres Skala DASS 42 dari Lavibond and Lavibond (1995). Hasil analisis data menggunakan pearson product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self regulated learning dengan stress akademik mahasiswa.


Keywords


Mahasiswa; Self Regulated Learning; Stress Akademik

Full Text:

PDF

References


Febriana, I., & Simanjuntak, E. (2021). Self Regulated Learning dan Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Indonesia EXPERIENTIA, 9(2), 144–153.

Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychological Research, 1(1), 1–10.

Gravetter, F. J., & Forzano, L, B. (2012). Research methods for the behavioral science. Wadsworth.

Karos, K. A., Suarni, W., & Sunarjo, I. S. (2021). Self-Regulated Learning dan Stres Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Sublimapsi, 2(3), 200–211.

Kitsantas, A. (2013). Fostering college students’ self regulated learning with learning technologies. In Hellenic Journal of Psychology, 10(3), 235–252.

Lavibond, S. H & Lavibond, P. F. (1995). Manual For depression anxiety and stress scale (2th ed). (2nd ed.). Psychology Foundation.

M, M. R. & M. (2000). College Students Academic Stess and Its Relation to Their Anxiety. Time Management and Leisure Satisfaction American Journal of Health Studies, 16(1), 41.

Martini, H. (2012). Hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik [Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma]. http://www.library.usd.ac.id//web/in dex.php?pilih=search&p=1&q=1138 46&go=Detail

PDSKJI. (2022). Masalah Psikologis 2 Tahun Pandemi COVID-19 di Indonesia. http://pdskji.org/home

Petrikaningtyas, D. (2015). Prestasi akademik dan self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Widya Mandala Catholic University Surabaya.

Pintrich, Paul R., Smith, David A. F., Garcia, Theresa., McKheacie, W. J. (1991). A manual For the motivated strategies for learning questionnaire (MLSQ). The Regent of The University of Michigan.

Purwati, S. (2012). Tingkat stres akademik pada mahasiswa regular angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Seligman, M. (2011). Flourish: A visionary new understanding of happiness and well-being. Random House Australia Pty Ltd.

Sundari, L. S. (2021). 76 Persen Mahasiswa Stress Sedang-Berat, 13 Persen Ingin Akhiri Hidup. Gala Media. https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-353073777/76-persen-mahasiswa-stress-sedang-berat-13-persen-ingin-akhiri-hidup

Taylor, S. E. (2012). Health psychology (8th ed.). McGraw Hill.

Zimmerman. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview, Theory Into Practice.


Article Metrics

Abstract view : 286 times | PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Srifianti Srifianti, Lita Patricia Lunanta, Lita Patricia Lunanta, Veronica Kristiyani, Veronica Kristiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731