Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v8i1.45730
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhi, I. A. P., Marhaeni, A. A. I. N., & Atmadja, N. B. (2013). Pengaruh pendekatan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran bahasa inggris terhadap prestasi belajar menulis ditinjau dari bakat verbal siswa smp negeri 2 amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4, 1 –10.
Ahmad., & Jazuli, A. (2009). Jigsaw type of cooperative learning as a means of improving high school-students’ mathematical communication ability. International Journal for Educational Studies, 1(2), 207 –218.
Aini, N. (2017). Korelasi keterampilan membaca dengan kecerdasan linguistik siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V MI Assa’Adah Labuapi Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Mataram: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’Iyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN).
Al-Salkhi, M. J. (2015). The effectiveness of jigsaw strategy on the achievement and learning motivation of the 7th primary grade students in the Islamic education. International Journal of humanities and social science, 5(4), 111 –118.
Amalia, A. R., & Tarwati, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran cooperative learning berbasis multiple linguistic intelligences terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris. Seminar Nasional Pendidikan, 210 –222.
Amstrong, T. (2013). Kecerdasan multiple di dalam kelas. Jakarta: Indeks.
Aronson, E., & Patnoe, S. (2011). Cooperation in the Classroom: The Jigsaw Method (3rd Ed.). London: Pinter & Martin, Ltd.
Hedeen, T. (2013).The reveres jigsaw: A process of cooperative learning and discussion. Teaching Sociology, 31(3), 325 –332.
Huang, Y. M., Liao, Y. W., Huang, S. H., & Chen, H. C. (2014). A jigsaw-based cooperative learning approach to improve learning outcomes for mobile situated learning. Educational Technology & Society,17(1), 128 –140.
Kordaki, M., & Siempos, H., (2010). The jigsaw collaborative method within the online computer science classroom. CSEDU, 2, 65 –72.
Majid, A. (2012). Strategi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mengduo, Q., & Xiaoling, J. (2001). Jigsaw strategy as a cooperative learning technique: focusing on the language learners. Chinese Journal of Applied Linguistics, 33(4). 113 –125.
Mills, B. J., & Cottell, P. G., Jr. (1998). Cooperative learning for higher education faculty. Phoenix, AZ: Oryx Press.
Naomi, M. W., & Githua, B. N. (2013). Effects of jigsaw cooperative learning strategy on students’ achievement in secondary school mathematics in Laikipia East District, Kenya. Asian Journal of Management Sciences And Education, 2(3), 177 –188.
Pandang, A., & Anas, M. (2019). Penelitian ekspermen dalam bimbingan konseling: Konsep dasar & aplikasinya tahap demi tahap. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Purwani, T. (2014). Upaya meningkatkan kecerdasan verbal linguistik melalui metode sandiwara boneka pada anak kelompok A TK Pertiwi III Blimbing Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Artikel Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rusman. (2015). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sengul, S., & Katranci, Y. (2012). Teaching the subject‚ sets‛ with the ‘dissociation and re-association’ (Jigsaw). International Online Journal of Educational Sciences, 4(1), pp 1 –18.
Sulani. (2010). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pokok sistem persamaan linier ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2009/2010. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Syarifuddin, A. (2011). Model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran. TA’DIB, XVI(2), 209 –226.
Tran, V. D., & Lewis, R. (2012). The effects of jigsaw learning on students’ attitudes in a vietnamese higher education classroom. International Journal of Higher Education, 1(2), 9–20.
Yanto., & Ruhenda. (2015). Hubungan antara kecerdasan linguistik dan motivasi belajar dengan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas VI di SDN Cihideung Ilir 04 Kecamatan Ciampea. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 43–52.
Article Metrics
Abstract view : 447 times | PDF view : 127 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dian Novita Siswanti, Muh Daud, Dwi Yan Anugrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,
Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.
Email: jurnal.talenta@unm.ac.id
p-ISSN : 2460-8750
e-ISSN : 2615-1731