Pengaruh Pemberian Tes (Testing Effect) Terhadap Performansi Memori pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Hendra Suwardi(1*), Lukman Lukman(2), Nur Afni Indahari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v7i1.23835

Abstract


Memori memiliki peran penting dalam proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar, namun tidak semua peserta didik memiliki performansi memori yang baik dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan performansi memori dalam proses pembelajaran yaitu melalui pemberian tes (testing effect). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tes (testing effect) terhadap performansi memori pada mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah 30 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar angkatan 2017. Penelitian ini merupakan quasi-experimental research dengan menggunakan rancangan eksperimen nonequivalent comparison group, posttest-only design. Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan dari mean rank skor Final Test antara kelompok Test-Feedback (mean rank = 20,9), Test-Only (mean rank = 14,05), dan kontrol (Read-Only) (mean rank = 11,55) (p = 0,047; p < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian tes (testing effect) dapat memengaruhi peningkatan performansi memori pada mahasiswa. Penelitian ini dapat menjadi dasar bagi penyelenggara pendidikan, pendidik, dan peserta didik untuk dapat mengaplikasikan tes tidak hanya sebagai instrumen evaluasi hasil belajar, tetapi juga dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran.


Keywords


Belajar, Memori, Tes, Testing Effect

Full Text:

PDF

References


Binks, S. (2018). Testing enhances learning: A review of the literature. Journal of Professional Nursing, 34(3), 205-210. https://doi.org/10.1016/j.profnurs.2017.08.008

Butler, A. C., Godbole, N., & Marsh, E. J. (2013). Explanation feedback is better than correct answer feedback for promoting transfer of learning. Journal of Educational Psychology, 105(2), 290-298. http://dx.doi.org/10.1037/a0031026

Butler, A. C., Marsh, E. J., Goode, M. K., & Roediger, H. L., III. (2006). When additional multiple-choice lures aid versus hinder later memory. Applied Cognitive Psychology, 20(7), 941-956. https://doi.org/10.1002/acp.1239

Cranney, J., Ahn, M., McKinnon, R., Morris, S., & Watts, K. (2009). The testing effect, collaborative learning, and retrieval-induced facilitation in a classroom setting. European Journal of Cognitive Psychology, 21(6), 919-940. https://doi.org/10.1080/09541440802413505

Dewi, I. A. G. B. P., & Indrawati, K. R. (2014). Perilaku mencatat dan kemampuan memori pada proses belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 241-250. ISSN: 2354-5607. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/download/25084/16297

Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Nathan, M. J., & Willingham, D. T. (2013). Improving students' learning with effective learning techniques: Promising directions from cognitive and educational psychology. Psychological Science in the Public Interest, 14(1), 4-58. https://doi.org/10.1177/1529100612453266

Einstein, G. O., Mullet, H. G., & Harrison, T. L. (2012). The testing effect: Illustrating a fundamental concept and changing study strategies. Teaching of Psychology, 39(3), 190-193. https://doi.org/10.1177/0098628312450432

Goldstein, E. B. (2011). Cognitive psychology: Connecting mind, research and everyday experience (3rd ed.). Wadsworth: Cengage Learning. http://teachpsych.com/Resources/Documents/otrp/syllabi/AMGA19cog.pdf

Huitt, W. (2011). Bloom et al.'s taxonomy of the cognitive domain. Educational Psychology Interactive. Valdosta, GA: Valdosta State University. http://www.edpsycinteractive.org/topics/cogsys/bloom.html

Jayani, S., & Hastjarjo, T. D. (2011). Pengaruh frekuensi pemberian tes terhadap memori jangka panjang bacaan pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Tabularasa, 6(2), 430-441. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/190

Manurung, I. W., Mulyani, B., & Saputro, S. (2013). Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif numbered head together (NHT) dan learning together (LT) dengan melihat kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi tata nama senyawa kimia kelas X SMA negeri 2 karanganyar tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 24-31. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2755

McDaniel, M. A., Anderson, J. L., Derbish, M. H., & Morrisette, N. (2007). Testing the testing effect in the classroom. European Journal of Cognitive Psychology, 19(4-5), 494-513. https://doi.org/10.1080/09541440701326154

Nofindra, R. (2019). Ingatan, lupa, dan transfer dalam belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, VI(1), 21-34. https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/188

Purwanto, M. N. (2013). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramlah. (2015). Pengaruh kemampuan mengingat terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VI MI an-nashar makassar (Skripsi, UIN Alauddin Makassar). Repository Keguruan UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/2587

Rohrer, D., Taylor, K., & Sholar, B. (2010). Tests enhance the transfer of learning. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 36(1), 233-239. http://dx.doi.org/10.1037/a0017678