PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MENGURANGI SHYNESS PADA MAHASISWA BARU PENDATANG DI MAKASSAR

Mariyani Husen(1), Widyastuti Widyastuti(2*), Hilwa Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v2i2.13183

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat shyness mahasiswa pendatang yang mengikuti pelatihan dengan mahasiswa pendatang yang tidak mengikuti pelatihan komunikasi efektif di Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 32 orang mahasiswa yang terpilih melalui metode purposive sampling. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu 18 orang pada kelompok eksperimen dan 14 orang pada kelompok kontrol. Subjek pada kelompok eksperimen diberikan pelatihan komunikasi efektif sedangkan subjek pada kelompok kontrol tidak diberikan pelatihan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala shyness. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat shyness pada subjek yang diberikan pelatihan komunikasi efektif mengalami penurunan dibandingkan dengan subjek yang tidak mendapatkan pelatihan. Hal tersebut terlihat dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t melalui program SPSS 16.0, nilai t sebesar 5,690 (p = 0,000). Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelatihan komunikasi efektif untuk mengurangi shyness pada mahasiswa pendatang di Makassar.

Abstract. This study aims to determine differences in the level of shyness of new students who attend training with new students who do not attend effective communication training in Makassar. Subjects in this study were 32 students selected through the purposive sampling method. Subjects were divided into two groups: 18 people in the experimental group and 14 people in the control group. Subjects in the experimental group were given effective communication training while subjects in the control group were not given training. Data collection tools used in this study are shyness scale. The research design used was randomized pretest-posttest control group design. The results showed that the level of shyness in subjects given effective communication training decreased compared to subjects who did not receive training. This can be seen from the results of data analysis using the t test through the SPSS 16.0 program, t value of 5.690 (p = 0,000). Based on the results of the analysis, it can be concluded that communication communication is effective in reducing shyness to new students in Makassar.


Keywords


komunikasi efektif; mahasiswa baru; shyness

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 823 times | PDF view : 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mariyani Husen, Widyastuti Widyastuti, Hilwa Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731