PENGEMBANGAN BRANDING DAN TEKNOPRENEUR PENGOLAHAN KOPI KELOMPOK WANITA TANI DI DUSUN ANGIN ANGIN DESA LATIMOJONG

Nurhakki Nurhakki(1*), Ahmad Sultra Rustan(2), Muhammad Jufri(3), Hayana Hayana(4),

(1) IAIN Parepare
(2) IAIN Kendari
(3) IAIN Parepare
(4) IAIN Parepare
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v2i2.58729

Abstract


Perkembangan media digital membuka peluang bagi pengembangan usaha termasuk daerah pedesaan. Penetrasi informasi berbasis digital menjadi saluran akses informasi yang bermanfaat ditengah kesulitan trasnportasi. Pengabdian ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan Asset-based Community Development (ABCD). Pendekatan ini merupakan pemberdayaan perempuan sesuai dengan aset yang dimiliki. Kelompok Wanita Tani Dusun Angin Angin Desa Latimojong memiliki aset hasil Perkebunan yakni kopi arabika. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan perempuan dalam menggunakan media digital agar dapat mendorong lahirnya kreativitas dan sikap entrepreneur perempuan petani dengan menggunakan informasi digital sebagai bahan informasi, belajar, motivasi, dan inspirasi dalam memulai usaha pengolahan kopi. Hasil pengabdian prodi yaitu: (1) menghasilkan hasil olahan kopi bubuk dengan merek Baper coffe, (2) menghasilkan olahan kopi berupa pengharum mobil dengan memanfaatkan sisa sortiran kopi yang tidak layak konsumsi dengan merek Kato. (3) pertemuan rutin kelompok mitra dampingan dengan pengajian dan kajian rutin setiap pekan pada hari jumat. Penguatan keberadaan kelompok tani melalui kegiatan keagamaan bersinergi dengan usaha pengolahan kopi yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan perempuan petani kopi.


Keywords


Literasi digital, Kopi, Teknopreneur, Wanita tani

Full Text:

PDF

References


Destrata Hamarsan M. (2013). Analisis Strategi Branding Pariwisata Indonesia. (Yogyakarta: UGM).

Fitri Murfianti. (2010). Membangun city branding melalui Solo Batik Carnival. (Surakarta: Jurnal Asintya).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Jakarta.

Kementrian Perindustrian. (2017). Peluang Usaha IKM Kopi. Jakarta

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2018). Strategi Kewirausahaan Digital. Jakarta.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2018). Isu-isu Masyarakat Digital Kontemporer. Jogyakarta.

Luluhima, S. Achie. (2014). Cedaw Menegakkan Hak Asasi Perempuan. (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Jakarta.

Littlejohn, W Stephen& Foss, Karen. (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi. Terjemahan Triwibisono. (Jakarta: Prenadamedia Group).

LittleJohn, W Stephen & Foss, Karen. A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Triyono, Agus. (2012). Media Baru: Isu dan Kendala Bagi Demokrasi di Indonesia dalam buku Reposisi Komunikasi dalam Dinamika Konvergensi. (Jakarta: Kencana).

Widiastuti, Dhiah Ayu Retno dkk. (2016). Literasi Digital Pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Aspikom.


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by