PENINGKATAN KREATIFITAS VERBAL DAN FIGURAL PADA SISWA DALAM MENGGAMBAR ILUSTRASI BERTEMA FAUNA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MAJENE

Jalil Jalil(1*), Syakhruni Syakhruni(2), Muhammad Suyudi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v2i2.54166

Abstract


Kreativitas merupakan kesanggupan untuk berkreasi, menciptakan sesuatu, sebagai sebuah pola pikir, gagasan maupun ide yang muncul pada diri serta penciptaan terhadap hal yang baru. Kreativitas dibagi menjadi dua yaitu kreativitas verbal dan figural Kreativitas verbal yaitu kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang didapati dari kemungkinan jawaban terhadap satu masalah dan diungkap secara verbal. Sementara kreativitas figural adalah kemampuan untuk memunculkan ide-ide atau gagasan baru melalui gambar yang dibuat. Salah satu kegiatan di sekolah yang dapat meningkatkan kreativitas adalah menggambar. Efek dari kegiatan menggambar yang signifikan baik dalam ranah kreativitas verbal maupun figuratif. Fauna di Indonesia memiliki berbagai macam sebagai sebuah kekayaan. Banyak cerita rakyat kita di Indonesia menggunakan fauna sebagai tokoh cerita. Oleh sebab itu, menggunakan fauna sebagai tokoh sentral dalam cerita dapat memudahkan peserta didik dalam menggambar ilustrasi, sehingga apa yang ia inginkan, apa yang ia senangi, bahkan apa yang tidak disenangi dapat disalurkan dalam bentuk gambar. Atas dasar permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah program kegiatan masyarakat “PKM Pelatihan Menggambar Ilustrasi Bertema Fauna dalam Meningkatkan Kreatifitas Verbal dan Figural pada Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Majene” dengan tujuan menjadikan pelatihan sebagai media untuk meningkatkan kreativitas verbal dan figural peserta didik di SMP Negeri 4 Majene.


Keywords


Menggambar, Ilustrasi, Fauna, Verbal, Figural

Full Text:

PDF

References


Beghetto, R. A., & Anderson, R. C. (2022). Positive Creativity Is Principled Creativity. Education Sciences, 12(3). https://doi.org/10.3390/educsci12030184

Beresford-Dey, M., Ingram, R., & Lakin, L. (2022). Conceptualising Creativity and Innovation in the Role of Primary Sector Headteachers. Education Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/educsci12020070

Fink, A., Reim, T., Benedek, M., & Grabner, R. H. (2020). The Effects of a Verbal and a Figural Creativity Training on Different Facets of Creative Potential. Journal of Creative Behavior, 54(3), 676–685. https://doi.org/10.1002/jocb.402

Ghufron, M. A., Nurdianingsih, F., Fitrianingsih, A., Rahmawati, O. I., Matin, M. F., & R, I. I. T. (2019). Hubungan Antara Tingkat Kreativitas Verbal Peserta didik dengan Kemampuan Menulis. 3(1), 133–138.

Setyaningrum, N. D. B. (2020). Peranan Pendidikan Seni di dalam Pengembangan Kreatifitas dan Pembentukan Nilai Positif pada Anak. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 3(2). https://doi.org/10.26740/geter.v3n2.p53-63

Sumardani, Y. F., & Muhid, A. (2020). EFEKTIVITAS MENDONGENG DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS VERBAL ANAK USIA PRASEKOLAH. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 7(2). https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.11749

Wahju, W. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Figural Melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita II Kedu Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(2). https://doi.org/10.26877/mpp.v14i2.7700

Wang, H. H., & Deng, X. (2022). The Bridging Role of Goals between Affective Traits and Positive Creativity. Education Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/educsci12020144


Article Metrics

Abstract view : 71 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by