PELATIHAN TARI TRADISIONAL BAGI MASYARAKAT LORONG DI KOTA MAKASSAR

Rahma M(1*), Bau Salawati(2), Asia Ramli(3), Arifin Manggau(4), Andi Padalia(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v2i2.54079

Abstract


Pelatihan Tari Tradisional bagi masyarakat lorong di Kota makssar merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bertujuan untuk memberi penguatan kearifan lokal bagi masyarakat lorong. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendekatkan seni khususnya seni tari ke masyarakat juga menumbuhkan dan menguatkan pemahaman tentang kearifan lokal Sulawesi Selatan khususnya etnis Makassar. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya memfilter budaya-budaya asing yang masuk dengan pesat ke masayarakat melalui berbagai media sosial. Pelatihan Tari Padduppa dipilih mengingat tari ii merupakan tari yang menggambarkan bagaimana masyarakat etika dan adat Bugis Makassar dalam menjamu tamu, diharapkan melalui pelatihan ini masyarakat memperoleh pemahaman tetang budaya dan adat istiadat Bugis-Makassar selain mengembangkan keterampilan menari, pengembangan keterampilan ini juga dilakukan sebagai salah bentuk rekreasi bagi masayarakat terlepas dari rutinitas keseharian mereka

Keywords


Pelatihan, Tari Tradisional Padduppa, Masyarakat Lorong

Full Text:

PDF

References


Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio Di- daktika: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130. DOI: 10.- 15408/sd.v1i2.1225.

Kurnia, I. (2018). Mengungkap nilai- nilai kearifan lokal Kediri sebagai upaya pelestarian budaya bangsa Indonesia. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 51-63.

Dewi, D.A. (2017). Membangun karakter kebangsaan generasi muda bangsa melalui integrasi pendidikan formal, informal dan nonformal. CIVICS: Jur- nal Pendidikan Pancasila dan Kewarga- negaraan, 2(1), 56-67. DOI: https://- doi.org/10.36805/civics.v2i1.267.

Mazid, S, Prasetyo, D. Nilai-Nilai Kearifan Lokal sebagai Pembentuk Karakter Masyarakat. Magelang; Universitas

Mulyadi, Muhammad. (2017). Mewujudkan Kemandirian Lokal Melalui Upaya Pemberdayaan Masyarakat Lorong di Kota Makassar. Jurnal Kebijakan Pembangunan. Vol 12 No 2 Desember. ISSN: 2085-6091


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by