MENTAL STRENGTH MELALUI TERAPI BATIK SULAWESI SELATAN BAGI TAHANAN DI RUMAH TAHANAN KELAS 1 MAKASSAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETAHANAN EMOSIONAL

Tri Putri(1*), Andi Nurfadilah(2), Muhammad Fernanda Putra(3), Aulia Evawani Nurdin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v2i2.53414

Abstract


Rutan Kelas 1 Makassar Sulawesi Selatan, menghadapi masalah kelebihan kapasitas dengan jumlah penghuni yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Situasi ini menciptakan tekanan psikologis pada tahanan yang dapat menyebabkan masalah emosional, terutama depresi. Depresi adalah kondisi emosional yang buruk yang dapat berdampak negatif pada tahanan, termasuk pemikiran irasional dan perilaku merusak, penyebab depresi pada tahanan melibatkan masa tahanan yang panjang dan pengalaman yang tidak menyenangkan. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan terapi membatik berbasis kearifan lokal Sulawesi Selatan sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan emosional tahanan. Terapi ini dilakukan dengan melibatkan tahanan dalam pembuatan batik dengan motif Sulawesi Selatan, yang memiliki makna budaya yang mendalam. Proses terapi membatik melibatkan beberapa tahapan, termasuk pembuatan desain, pelilinan, pewarnaan, penguncian warna, pelorodan, pencucian, dan pengeringan. Pendampingan dilakukan oleh tim dari bidang Seni Rupa dan Psikologi. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan ketahanan emosional dan keterampilan membatik bagi tahanan di Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar. Keterampilan membatik yang telah dimiliki oleh tahanan dapat dijadikan sebagai modal keterampilan setelah keluar dari rutan kelas 1 Makassar


Keywords


Batik

Full Text:

PDF

References


Dirgayunita, A. (2016) ‘Depresi: Ciri, Penyebab dan Penangannya’, Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), pp. 1–14. doi: 10.33367/psi.v1i1.235.

Ikhsan (2021) ‘364 Narapidana Rutan Kelas 1 Makassar Diusulkan Dapat Remisi Khusus Hari Lebaran Idul Fitri tahun 2021’.

Indarini, N. (2015) ‘Membatik Bisa Menurunkan Depresi’.

Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan (2020) Laporan Pelaksanaan Tugas Triwulan I I.

Malchiodi, C. (2015) Seni adalah tentang Ketahanan, Selalu Ada, psychologytoday.com.

Available at: https://www.psychologytoday.com/gb/blog/arts-and-health/201508/art-is-about-resilience-it-always-has-been.

Mustika, F. A. (2019) ‘Terapi-terapi untuk menurunkan depres’, in Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta, pp. 305–309.

Nurdin, A. E. (2021) ‘Perancangan Media Pembelajaran Batik Berbasis Aplikasi Canva Design of Batik Learning Media Based on Canva Application’, in Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik. Yogyakarta, pp. 1–12.

Pasa’buan, I. (2022) ‘Napi Rutan Makassar Kabur Lewat Dapur, Manfaatkan Situasi Sepi di Malam Hari’.

Sagita Sari, S., Sumarna, N. and Mikarna, S. K. (2021) Regulasi Emosi terhadap Kecemasan Tahanan.

Shokiyah, N. N. (2021) ‘Membatik Sebagai Media Dalam Menurunkan Perilaku Agresif Anak’, 13(1), pp. 22–33. doi: 10.33153/brikolase.v13i1.3356.

Tololiu, T. and Makalalag, S. (2015) ‘Hubungan Depresi Dengan Lama Masa Tahanan Narapidana Di Rumah Tahanan Negara Kelas Iia Malendeng Manado’, Jurnal Ilmiah Perawat Manado, 4(1), p. 92869.


Article Metrics

Abstract view : 150 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: [email protected]

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by