PELATIHAN DESAIN MODUL DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA BAGI DOSEN UNIVERSITAS SULAWESI BARAT

Muhammad Zia Ulhaq(1*), Muflihah Baktiar(2), Harmin Hatta(3), Andi Fauziyah Hijrina Fatimah(4), Muhammad Safruddin Akmal(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Sulawesi Barat
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v2i1.46507

Abstract


Pelatihan desain modul digital dengan menggunakan aplikasi canva dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam membuat modul digital dalam proses pengajaran. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan menggunakan metode hybrid. Adapun hasil dari pelatian ini menunjukkan bahwa desain modul digital dengan menggunakan aplikasi canva dapat membantu dosen dalam membuat bahan ajar untuk mendukung proses pengajaran.

Keywords


Pelatihan, Desain Modul Digital, Canva

Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Arkün, S. & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and Students’ Opinions of the Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia University of Barcelona.

Dalal, M. 2014. Impact of E-modul Tutorials in a Computer Science Laboratory Course–An Empirical Study. The Electronic Journal of e-Learning.

Kuncahyono. 2018. Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrsah Ibtidaiyah Education, 2 (2) 2018, p-ISSN: 2580- 0868, e-ISSN: 2580-2739.

Muhammad Hasan, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. CV Tahta Media Group. Klaten, Jawa Tengah. ISBN: 978-623-6436-51-6

Rahmatullah, R., & Nurdiana, N. (2019). Pembelajaran kewirausahaan berbasis hand made. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 173–176. Rahmatullah. (2018). Pembelajaran Ekonomi Berjatidiri Bangsa. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(1), 10–16. 751 https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i1.5 055

Rahmatullah, & Inanna. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19–25.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmatullah, R., Inanna, I., Rakib, M., Mustari, M., & Rabania. (2020). Developing Tematic Economic Comic with Characters for Early Childhood. EST Journal of Educational Science and Technology, 6(3), 293–300.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by