Pelatihan Sablon Pada Ruang Kreatif Bambu Najiva di Kelurahan Parangbanoa Kabupaten Gowa

M. Muhlis Lugis(1*), Muhammad Muhaemin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v1i1.33451

Abstract


Ruang kreatif Bambu Najiva merupakan wadah kegitan produktif yang terletak  di Kelurahan Parangbanoa Kabupaten Gowa. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Bambu Najiva dinilai masih kurang dalam memberikan kemampuan bagi pemuda atau masyarakat  agar dapat mengembangkan potensi keterampilan (skill) sebagai salah satu modal untuk meningkatkan ekonomi  masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pelatihan sablon kepada pemuda atau masyarakat sebagai modal dalam membuka peluang bisnis serta dapat mengembankan suatu produk yang kreatif. Metode Pelaksanaan kegiatan pelatihan sablon akan diawali denga memberikan pengetahuan serta mendemostrasikan tentang cara dan proses menyablon kemudian  memberikan pengetahuan terkait startegi dalam memulai bisnis sablon. Peserta pelatihan juga akan mempraktekkan secara langsung proses dan cara menyablon pada media kaos. Pada pelatihan ini peserta memahami cara menyablon dan strategi dalam memulai bisnis sablon sehingga termotivasi untuk membuka lapangan kerja secara mandiri dalam bisnis percetakan.

Full Text:

PDF

References


Sumpeno, Wahyudin. 2009. Menjadi Fasilitator Genius, Kiat-kiat dalam Mendampingi Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Indra Achmadi dan Rizki Nurislaminingsih. 2019. “Pemberdayaan Program Kreativitas Ibu PKK di Rumah Belajar Modern Desa bangunharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul”. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Volume 6, Nomor 4 (hlm.121-130). Semarang: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro.

Musa, Rustam. (2014). Sukses Berbisnis Sablon Digital dan Manual. Yogyakarat: Nulisbuku.com.

Ambar Teguh Sulistyani.2004. Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta : Graha Ilmu


Article Metrics

Abstract view : 22 times | PDF view : 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by