Pelatihan Penelusuran Referensi Menggunakan Zotero Bagi Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Pangeran Paita Yunus(1*), Sofyan Salam(2), Muh Saleh Husain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/srq.v1i1.33449

Abstract


Publikasi karya ilmiah dalam bentuk artikel sangat penting bagi dosen dan  merupakan salah satu sarana yang sangat berjasa dalam penyebarluasan ilmu, teknologi dan seni. Publikasi yang baik harus memenuhi tiga hal yaitu originalitas (orinality), kebaruan (novelty) dan dampak (contribution). Di era internet, sumber literatur ilmiah dapat diperoleh dengan mudah. Banyak basis data (database) ilmiah berbasis situs web yang dapat diakses. Namun, untuk menemukan literatur ilmiah yang tepat, serta menghemat waktu dan sumber daya, diperlukan pengetahuan dan kemampuan terkait dengan teknik penelusuran informasi ilmiah melalui internet. Oleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan pelatihan untuk memperkenalkan konsep penelusuran referensi menggunakan zotero bagi dosen maupun mahasiswa di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, khususnya bagi dosen dan mahasiswa Program studi Magister Pendidikan Seni Rupa. Pelatihan ini diikuti 25 orang peserta. Metode yang digunaan adalah ceramah, demonstrasi, dan praktek/penugasan. Selama pelatihan berlangsung, nampak begitu besar motivasi dan animo peserta, dan ada beberapa peserta yang mengajukan untuk diaktifkannya kegiatan seperti ini, minimal  sekali dalam setahun. Keberhasilan pelaksanaan pelatihan aplikasi zotero ini terlihat pada: kesungguhan peserta pembimbingan dalam mengikuti penyajian materi, keberhasilan peserta dalam mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik, kehadiran peserta mengikuti pelatihan ini mencapai 100 %, dan keberhasilan pelatihan ini tercermin dari hasil evaluasi yang berpredikat baik.


Full Text:

PDF

References


Bernard Adytia Darmadi, Rolly Intan, & Resmana Lim. (2005). Aplikasi Search Engine Paper

Karya Ilmiah Berbasis Web Dengan Metode Fuzzy Relation. Jurnal Informatika, 6 (2), 95–99. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ ejournal/index.php/inf/article/view/16368

Chang, A. (2012). Utaut and Utaut 2: a Review and Agenda for Future Research. Journal The WINNERS, 13(2), 106–114.

Zamidi, I., Jamia‟aton Soffiah, H., & Muhammad Kasim, B. (2013). Masalah Penulisan Tinjauan Literatur: Satu Kajian ke Atas Pelajar Semester 7 di Sebuah IPG Kampus. Seminar Penyelidikan Zon Selatan 2013.

Bates, A. W. (1995). Technology, Open Learning and Distance Education. London: Routledge.

Moore, M.G. & Kearsley, G. (1996). Distance education: A sistems view. New York: Wadsworth Publishing Company.

Natakusumah, E.K. (2002); Multimedia sebagai sarana pembelajaran; Lokakayra Multimedia sebagai sarana pembelajaran metode learning based; DUE-Like TPB ITB, 13 Nopember 2002.

Newsletter of Open and Distance Learning Quality Council, October 2001. http://www.odlqc.org.uk/odlqc/n19-e.html (16 September 2002

Rosenberg, M.J. 2001. e-learning : Strategies for Delivering Knowledge in The Digital Age. The McGraw-Hill Companies Inc.

Soeprijanto, Haxa. 2016. Panduan Mengelola Daftar Referensi Menggunakan Zotero. Yogyakarta. UGM Yogyakarta

Willis, B. 1993. Distance education: A practical guide. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications.

Wulf, K. 1996. Training via the Internet: Where are We? Training and Development 50 No. 5. (20 September 2006).


Article Metrics

Abstract view : 206 times | PDF view : 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: jurnalsureq@gmail.com

Creative Commons License
Sureq: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SUREQ: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Seni dan Desain indexed by