ANALISIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP PELAKU TINDAK KORUPSI DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF MAZHAB REALISME HUKUM

Hadyan Hashfi MS(1*), Kurnia Ali Syarif(2), Mustari Mustari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v19i1.62374

Abstract


Korupsi merupakan masalah besar yang menjangkit banyak negara di dunia saat ini terutama di Indonesia. Banyaknya kasus korupsi yang dilakukan oleh para pejabat negara di indonesia yang berdasarkan pada penyalahgunaan sumber daya publik yang kemudian digunakan untuk kepentingan pribadi, tentunya menyebabkan dampak negatif bagi masyarakat. Jurnal ini ditulis pendekatan hukum normatif. Penelitian ini menggunakan analisis Aliran realisme untuk menganalisis putusan hakim terhadap pelaku korupsi yang terjadi di indonesia saat ini. Aliran Realisme Hukum merupakan suatu teori yang diungkapkan oleh Oliver Wendel Holmes (1841-1935) bahwa realisme merupakan aliran dimana menekankan bahwa hakim diberikan suatu kebebasan untuk memberikan putusan. kesimpulan dari Analisis tindak korupsi terhadap aliran realisme yaitu putusan hakim terhadap pelaku tindak korupsi harus adil dan setimpal tentunya memiliki manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat bukan hanya menguntungkan masing-masing pihak karena tindakan korupsi tentunya memberikan dampak yang sangat besar bagi masyarakat dan negara.

Keywords


Korupsi, Aliran Realisme, Putusan Hakim

Full Text:

PDF

References


Dr.Alfitra, S. (2022). Korupsi. Depok: Raih Asa Sukses.

Prof.Dr.Sukarno Aburaera, P. (2013). Filsafat Hukum : Teori & Praktik. Jakarta: Kencana.

Selviria. (2019). Sistem Pidana Indonesia Ditinjau Dari Pendekatan Realisme Hukum Amerika Dan Realisme Skandinavia. Jurnal Simbur Cahaya, 190-193.

Sugiarto, R. T. (2021). Dampak Korupsi Dan Hukuman Bagi Pelaku Korupsi : Seri Ensiklopedia Pendidikan Anti Korupsi. Indonesia: Hikam Pustaka.

Syahrul, J. (2023, 12 Kamis). https://www.cakaplah.com/berita/ba ca/105533. Retrieved Maret sabtu, 2024, from https://www.cakaplah.com: https://www.cakaplah.com

Widi Nugroho, A. K. (2017). Mudahnya Korupsi. Yogyakarta: Relasi Inti Media.


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hadyan Hashfi MS, Kurnia Ali Syarif, Dr. Mustari M.Hum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats