PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Nahdatul Nur(1*), Firman Umar(2), Andika Wahyudi Gani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v19i1.61768

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran keterampilan berpikir kritis dan berpikir kratif peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 11 Makassar, dan (2) Apa faktor pendorong dan penghambat yang dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan berpikir kratif peserta didik dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah strategi yang digunakan guru PPKn dalam penguatan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik, serta faktor pengdukung dan penghambat dalam penguatan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru mata pelaran PPKn dalam penguasaan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kratif siswa adalah (1) pemilihan model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning , dikusi dan pembelajaran saintifik serta melakukan kegiatan observasi dan pembelajaran berbasis proyek. Kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa dapat dilihat dari Pemilihan argumen yang logis, relevan dan akurat, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan melihat fakta yang ada, pengambilan keputusan yang tepat serta merangcang ide-ide baru yang ditemukan. (2) Sedangkan faktor pendukung dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa ialah motivasi belajar, kurikulum, dan dukungan orang tua. Termasuk faktor penghambat yang dihadapi guru dalam kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa adalah lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai.


Keywords


Kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, strategi pembelajaran, PPKn

Full Text:

PDF

References


Abdi, I. N., & Syahri, A. A. (2011). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 3.

Chandra, F. E., & Siskawati, F. S. (2021). PEMBELAJARAN QTL BERBASIS PROYEK DALAM BENTUK WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR 4C. SIGMA, 7(1), 12.

Febrianto. (2021). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI MEDIA WAYANG (Penelitian Tindakan Kelas VII B SMPN 1 Siman Ponorogo). 1–68.

Ikhsanto, jurusan teknik mesin L. N. (2020). Pengaruh Pembelajaran PPKn Terhadap Kesadaran Menaati Tata Tertib Sekolah Pada Siswa SMP PGRI sungguminasa. 21(1), 1–9.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (t.t.). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi ; Cetakan ketiga puluh delapan). PT Remaja Rosdakarya.

Mukhlisotin, F. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 214. https://doi.org/10.17977/um019v7i1p214-227

Mustaqim. (2016). Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif / Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif. Jurnal Intelegensia, 04(1), 1–9.

Primayana, K. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. 3(2).

Purwanti, A., Hujjatusnaini, N., Septiana, N., Amin, A. M., & Jasiah, J. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Blended-Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Berdasarkan Students Skill Level. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 235–245.

Rudianto, R., Diani, R., Subandi, S., & Widiawati, N. (2022). Development of assessment instruments 4C skills (critical thinking, collaboration, communication, and creativity) on parabolic motion materials. Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education, 2(2), 65–79.

Sara, N. T., Rusnaini, R., & Winarno, W. (2019a). STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI MATA PELAJARAN PPKn (Studi di SMA Negeri 3 Surakarta). PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 14(1), 91. https://doi.org/10.20961/pknp.v14i1.35789

Sara, N. T., Rusnaini, R., & Winarno, W. (2019b). STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI MATA PELAJARAN PPKn (Studi di SMA Negeri 3 Surakarta). PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 14(1), 91.

Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Graha Ilmu.

Suardi, S., Herdiansyah, H., Ramlan, H., & Mutiara, I. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Jaya Negara Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(1).

Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D (Vol. 222). CV. Alfabet.

Surya Adnyana, K., Putu Kusuma Widiastuti, N., & Wayan Suastra, I. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM PARADIGMA BARU MELALUI PENGUATAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA SD DI KELAS TINGGI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 302–307.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1.

Yanti, M., & Yusnaini, Y. (2018). THE NARRATION OF DIGITAL LITERACY MOVEMENT IN INDONESIA. INFORMASI, 48(2), 243–255.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan). Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nahdatul Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats