PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI TATA TERTIB SEKOLAH

Sri Astuti Salata(1*), Firman Umar(2), Mustari Mustari(3), Najamuddin Najamuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v19i1.61696

Abstract


ABSTRAK: Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Tata tertib secara substantif dapat membentuk karakter disiplin peserta didik, (2) Strategi yang dilakukan dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui tata tertib sekolah. (3) Kendala yang dihadapi dalam melakukan pembentukan karakter peserta didik melalui tata tertib di SMA Negeri 1 Luwu. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakasek kesiswaan, wakasek humas, wakasek kuruikulum, koordinator 7K, guru BK, wali kelas, guru mapel, petugas keamanan serta enam orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tata tertib di SMA Negeri 1 Luwu secara substantif dapat membentuk karakter disiplin peserta didik, tata tertib berisi aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta didik termasuk kewajiban, larangan, dan sanksi. (2) Strategi yang dilakukan dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui tata tertib sekolah di SMA Negeri 1 Luwu yaitu pengawasan pihak sekolah, menjadi teladan, sosialisasi pengenalan tata tertib, pemberian sanksi, dan keterlibatan orang tua dalam merumuskan tata tertib. (3) Kendala yang dihadapi dalam melakukan pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui tata tertib di SMA Negeri 1 Luwu terdiri dari kendala internal yaitu kurangnya kesadaran peserta didik dalam mematuhi tata tertib sekolah. Kendala eksternal yaitu guru kurang memantau tingkah laku peserta didik pada jam jam istirahat, penerapan sanksi yang tidak objektif, dan jarak rumah ke sekolah.

 

KATA KUNCI:  Pembentukan Karakter, Disiplin, Tata Tertib Sekolah

 

 

ABSTRACT: The study aims to find out: (1) Rules of conduct can substantively shape the disciplinary character of students, (2) Strategies carried out in the formation of student discipline character through school rules. (3) Obstacles faced in building the character of students through discipline at SMA Negeri 1 Luwu. Research uses qualitative types of research. The research informants were the principal, student wakasek, public relations wakasek, curriculum wakasek, 7K coordinator, BK teacher, homeroom teacher, maple teacher, security officer and six students. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Data validity techniques use source triangulation. The results showed that: (1) The rules of conduct at SMA Negeri 1 Luwu can substantively shape the disciplinary character of students, the rules contain rules that must be obeyed by all students including obligations, prohibitions, and sanctions. (2) Strategies carried out in building the disciplinary character of students through school rules at SMA Negeri 1 Luwu, namely supervision of the school, being an example, socialization of the introduction of discipline, sanctioning, and parental involvement in formulating rules. (3) The obstacles faced in building the disciplinary character of students through the rules of conduct at SMA Negeri 1 Luwu consist of internal obstacles, namely the lack of awareness of students in complying with school rules. External constraints are that teachers do not monitor the behavior of students during recess, the application of sanctions that are not objective, and the distance from home to school.

 

KEYWORDS: Character Building, Discipline, School Rules


Keywords


Pembentukan Karakter Disiplin, Tata Tertib Sekolah

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Rajawali Pers.

Arikunto, S. (1990). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Rineka Cipta.

Bagi, G. (2021). Pengertian Tata Tertib Sekolah, Tujuan, dan Manfaatnya. https://scholarcommons.sc.edu/etd/828/

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Alfabeta.

Harjoyo. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Unpam Press.

Hurlock, E. B. (2000). Perkembangan Anak: Jilid 2. Erlangga.

Kansil, C. S. T. (1986). Pengantar ilmu hukum dan tata hukum Indonesia. Balai Pustaka.

Kurniawan, W. A. (2018). Budaya Tertib Siswa di Sekolah. CV Jejak.

Masitoh, & Dewi, L. (2009). Strategi Pembelajaran. DEPAG RI.

Maunah, B. (2009). Metodologi Pengajaran Agama Islam Metode Penyusunan dan desain Pembelajaran. Teras.

Mu’in, F. (2011). Pendidikan karakter konstruksi teoritik & praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Mulyasa. (2014). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Permendikbud No 20. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rifa’i, M. (2011). Sosiologi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Soekanto, S. (2002). Kesadaran hukum dan kepatuhan hukum. Raja Grafindo Persada.

Suryosubroto. (2004). Manajemen pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta.

Sutirna. (2013). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Andi Offset.

Thornberg, R. (2008). A categorisation of school rules. Educational Studies, 34(1), 25–33. https://doi.org/10.1080/03055690701785244

Tim Redaksi Laksana. (2019). Himpunan Lengkap Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) dan Standat Nasioanl Pendidikan. Laksana.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wibowo, A. (2012). Buku Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi. Kencana.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter:konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Prenada Media Group.

Zuchdi, D., & La Ode, S. (2012). Pendidikan karakter: Konsep dasar dan implementasi di perguruan tinggi. UNY Press.

Fawaid, M. M. (2017). IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899

Howard, R. W., Berkowitz, M. W., & Schaeffer, E. F. (2004). Politics of Character Education. Educational Policy, 18(1), 188–215. https://doi.org/10.1177/0895904803260031

King, L. D. (2011). An examination of the influence of school discipline, Race/ethnicity, and gender on students’ attitudes toward school. https://scholarcommons.sc.edu/etd/828/

Lickona, T., Schaps, E., & Lewis, C. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. https://www.researchgate.net/publication/45655772_Eleven_Principles_of_Effective_Character_Education

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Munandar, H. (2018). Pola Pembinaan Keagamaan Di SMA Plus Boarding School Astha Hannas Subang. JURNAL TARBIYAH, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.233

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456

Sitompul, H. (2016). Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Penanaman Nilai-nilai Pembentukan Sikap Pada Anak. jurnal: Darul Ilmi, Vol. 4 No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Astuti Salata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats