PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK

Hasbullah Hasbullah(1), Firdaus W Suhaeb(2), Supriadi Torro(3), Najamuddin Najamuddin(4*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v19i1.59687

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui Penerapan Program Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan pada kelas X di Madrasah Aliyah Bulukunyi, (2) mengidentifkasi Implikasi Profil pelajar Pancasila terhadap Karakter Peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Bulukunyi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi pemelitian di Madrasah Aliyah Bulukunyi Kabupaten Takalar. Jumlah informan ada 20 orang yang dipilih secara purposive sampling dengan kriteria informan yaitu Kepala Madrasah, Wakamad Kurikulum, Wakamad Kesiswaan, Wali Kelas, Guru bidang study dan 10 orang dari siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Program Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan pada kelas X di Madrasah Aliyah Bulukunyi yaitu melalui Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka, Menyusun dan Menetapkan Tim Pengembang Kurikulum, Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. (2) Implikasi Profil pelajar Pancasila terhadap Karakter Peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Bulukunyi yaitu beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, berkebihnekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

 

Kata Kunci: Peserta didik, Karakter, Profil Pelajar Pancasila

 

ABSTRACT: The purpose of this study is to: (1) Know the Application of the Pancasila Student Profile Program applied to class X at Madrasah Aliyah Bulukunyi, (2) identify the Implications of Pancasila student profile on the character of grade X students at Madrasah Aliyah Bulukunyi. This study used a type of descriptive qualitative research with a phenomenological approach. The research location is in Madrasah Aliyah Bulukunyi, Takalar Regency. The number of informants was 20 people selected by purposive sampling with informant criteria, namely the Head of Madrasah, Wakamad Curriculum, Wakamad for Student Affairs, Homeroom Teacher, Teacher in the field of study and 10 people from class X students. Data collection techniques use three methods, namely observation, interviews and documentation. Data validity techniques use source triangulation. Data analysis techniques use three stages, namely data condensation, data presentation and conclusions. The results of this study showed that: (1) The implementation of the Pancasila Student Profile Program applied to class X at Madrasah Aliyah Bulukunyi, namely through Socialization of the Implementation of the Independent Curriculum, Compiling and Establishing a Curriculum Development Team, Implementation of the Independent Curriculum. (2) Implications of Pancasila student profile on the character of grade X students in Madrasah Aliyah Bulukunyi, namely believing and fearing God Almighty and having noble character, global wisdom, mutual assistance, independence, critical and creative reasoning.

 

KEYWORDS: Learner, character, Pancasila Student Profile

Keywords


Profil Pelajar Pancasila dan Karakter Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Adit, A. (2021). Kemendikbud: Ini 6 Profil Pelajar Pancasila. Kompas.Com.

Adi, S., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Afriatmei, F., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1286–1292. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5289

Azra, O. (2023). Hubungan Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri 7 Tangerang Selatan. 3(1), 214–226. http://repository.unj.ac.id/42088/%0Ahttp://repository.unj.ac.id/42088/1/COVER.pdf

Beny Dwi Lukitoaji, & Mahilda Dea Komalasari. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Terintegrasi Profil Palajar Pancasila Sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka. 23–25.

D.A. Olivia Yana, Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12861–12866.

Direktorat sekolah dasar. (2021). Profil Pelajar Pancasila Mandiri. Ditpsd.Kemendikbud. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/profil-pelajar-pancasila-mandiri#:~:text=Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar,royong%2C mandiri%2C bernalar kritis%2C

Edy Sumaryanto, & Malik Ibrahim. (2023). Komunikasi Antar Budaya Dalam Bingkai Teori-Teori Adaptasi. Nusantara Hasana Journal, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.59003/nhj.v3i2.895

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132–6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181

Faizn, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Jurnal Lmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Haryanto, B. T. (2023). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI KREATIF DI SMP N 34 SEMARANG PENDAHULUAN . November, 967–978.

Hidayah, N. (2022). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila. Kecamatan Sukorejo, 7(2).

Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2523

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. 257–265.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Kemendikbud. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud Ristek. (2021a). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kemendikbud Ristek. (2021b). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Khoiriyah, U. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila. Kecamatan Sukorejo, 4(1)

Korengkeng, A., Lengkong, J. S. J., & ... (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Uptd Smp Negeri 3 Rote Barat. Jurnal Mirai …, 8(3), 167–180. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/5925%0Ahttps://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/5925/3954

Kurniastuti, Rahmaniar, D. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293.

Kurniastuti, Rahmaniar, D. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293.

Kurniastuti, Rahmaniar, D. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293.

Ma’rufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral Sebagai Dampak Kejahatan Siber Pada Generasi Millenial di Indonesia. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191–201. Retrieved from http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1509/880

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Nursabila, E., & Nuraini, I. A. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasah di MTs Ma’arif NU Kota Malang. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 185–192. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i3.15233

Putri, N. H. O. S., ’Azah, N., Jannah, M., & Nahdliyah, H. Z. (2023). Membimbing Siswa Bermasalah Melalui Refleksi (Analisis Peran Bu Prani Sebagai Guru Bk Dalam Film “Budi Pekerti” Karya Wregas). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(3), 330–337. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1429

Pratama, I. (2023). Bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali. Science and Education Journal, 1, 1–12. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pgsd/article/view/3480

Qomariyah, N. (2022). Pengembangan Katalog Digital Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Juni 2022. 1–85.

Ramadan, F., & Imam Tabroni. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66–69. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63

Ristek, K. (2021). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 5. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Rodhiyana, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 151–160.https://doi.org/10.58569/jies.v1i2.57

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan Pemahaman Diri dengan Sikap Percaya Diri Pada Siswa Kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1128

Utami, F. W. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMAN 10 Palembang. 1(02), 72–77.

Wijoyo, H., Jaya Hartono, W., Juventia, J., Deswarni, D., Dharmapala Riau, S., & Hubbulwathan Duri, S. (2023). Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka di IGTK Kecamatan Bantan. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, Pekanbaru, 5, 2023–2033. https://doi.org/10.31258/unricsce.5.264-269


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hasbullah Hasbullah, Firdaus W Suhaeb, Supriadi Torro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats