RESPONSIVITAS OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA DALAM MENANGANI LAPORAN MALADMINISTRASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Sulmiah Sulmiah(1), Anti Anti(2), Sirajuddin Saleh(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i2.58777

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat Responsivitas Lembaga Pewakilan Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan dalam menangani laporan dugaan maladministrasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan dalam menangani laporan dugaan maladministrasi pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sudah memberikan respon yang baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan merespon Masyarakat atau pelapor,kecepatan melayani, ketepatan melayani, kecermatan melayani, tepat waktu melayani dan merespon keluhan masyarakat atau pelapor terkait penerimaan peserta didik baru.Adapun mekanisme penyelesaian laporan maladministrasi penerimaan peserta didik baru menggunakan mekanisme respon cepat ombudsman.

ABSTRACT: This study aims to look at the Responsiveness of the Ombudsman Representative Office of the Republic of Indonesia in South Sulawesi Province in handling reports of alleged maladministration. This type of research is qualitative with data collection techniques carried out by means of observation, interviews and documentation. The data analysis technique used consisted of condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the South Sulawesi Province Ombudsman of the Republic of Indonesia in handling reports of alleged maladministration at the South Sulawesi Provincial Education Office had given a good response. This can be seen from the ability to respond to the public or reporters, speed of serving, accuracy of serving, accuracy of serving, serving on time and responding to complaints from the public or reporters regarding the acceptance of new students.


Keywords


responsivitas; ombudsman; maladministrasi

Full Text:

PDF

References


Fetrik etman komul. (2019). Responsivitas pelayanan publik lembaga pemasyarakatan kelas iia pematangsiantar dalam pemenuhan hak narapidana untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang layak. 151.

Fitrianingsih. (2017). Responsivitas Pemerintah Atas Rekomendasi Ombudsman Di Sekretariat Pemerintah Kota Makassar.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Penerbit Gava Media.

Huda, K. (2014). Pertanggungjawaban Hukum Tindakan Mal-Administrasi Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Heritage, 2(2), 30–42.

Java, C., Setyowati, A., Slamet, U., Surakarta, R., Perwakilan, I., & Tengah, J. (2022). Penanganan Laporan Masyarakat terkait Maladministrasi pada masa Pandemi Covid 19 oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Tengah. 2(3), 1–16.

Kasus, S., Pelayanan, K., & Kota, T. (1996). Reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles. 1–15.

Putri, F. A., & Adnan, M. F. (2020). Upaya Pencegahan Maladministrasi Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia Di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP),2(1), 33–41.https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i1.33

Rodi, Malek, J. A., & Aziz, A. (2015). Perilaku Maladministrasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau: Faktor Penyebab Dan Solusinya Cours de vacances de français moderne. Jurnal Administrasi Publik, 12(1), 55–70. http://journal.unpar.ac.id/index.php/JAP/article/view/1501

Rumaja, A. C. (2020). Sanksi Hukum Bagi Kepala Daerah Yang Tidak Menjalankan Pelayanan Publik Berdasarkan Rekomendasi Ombudsman. Lex Administratum, 8(32), 73–92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.htm


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sulmiah Sulmiah, Muhammad Guntur, Anti Anti, Sirajuddin Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats