HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Husna G(1*), Bakhtiar Bakhtiar(2), Hasnawi Haris(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i2.53256

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kecerdasan emosional siswa di SMP Negeri 18 Barru (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SMP Negeri 18 Barru (3) Hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di SMP Negeri 18 Barru. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 113 siswa, dengan sampel yaitu 56 siswa yang terpilih sebagai responden, melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional siswa kelas IX di SMP Negeri 18 Barru berada pada kategori tinggi dengan jumlah 49 siswa (84,38% dari 56 siswa). (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaraan PPKn di SMP Negeri 18 Barru berada pada kategori yang sangat tinggi dengan jumlah 27 siswa (48,21% dari 56 siswa) (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaaan siswa SMP Negeri 18 Barru, dengan nilai signifikan sebesar 0,001 dan hubungan antara kedua variabel berada dalam kategori yang sangat kuat dengan nilai pearson correlation sebesar 0,908. Sesuai tabel interpetasi r pada tabel koefisien korelasi 0,908 (interval 0,80-1,000). Selain itu variabel kecerdasan emosional berkontribusi sebesar 82,4% terhadap hasil belajar PPKn siswa, sisanya 17,6% yang berkontibusi adalah variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.


Keywords


Hubungan, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar PPKn

Full Text:

PDF

References


Zulfikar. 2021. Menggali Kecerdasan Emosional. Tempo Publishing

Goleman, D. (2022). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hamid Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bamdung: Alfabet a.

Hamalik, O.(2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Kustawan, D. 2013. Analisis Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT. Luxima Metro Media

Kunandar. 2013. Penilain Autentik: (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum).

Mayer, DR Henry R. 2008. Manajemen Dungan Kecerdasan Emosional. Bandung: Nuansa Cendekia

Musfiroh M.Hum, T. Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). PAUD4404 /Modul 1

Rasyid, Harun. & Mansur. 2019. Hasil Belajar. Bandung: PT Sandiarta Sukses

Sani, Ridwan Abdullah dkk. 2020. Evaluasi Proses Dan Penilaian Hasil. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktorr yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Tridhonanto, Al. 2010. Meraih Sukses dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Wong, M. F. & Indraningsih, E. 2022. Membangun Kecerdasan Anak. Jawa Barat: Penebar Swadaya Grub

Dlaud, lF. 20l12. Pelngaruh Kecelrdasan Emosionlal (EQ) Dlan Motivasi Bellajar Terhadap Halsil Belajar Bilologi Siswa SMlA 3 Negleri Kota Palolpo. Jurnal Pendidlikan Dan Pemblelajaran. 19l (2). 2l43-25l5

Fitri Nur Azizah A. 2021. Pengaruh Kecerdasan Emosional,Kesiapan Mental, Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 22 Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Gardner, H. 2021. Hakikat Teori Multiple Intelligence Dalam Pembelajarn. Articles Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pgsd.binus. Ac.id

Haryati, D. 2013. Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD INPRESBTN IKIPI Makassar. JurnalPendidikan Dasar Islam 1(3).80-96.

Hakim., H, dan Tirtaraharja.2023. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivai Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SDN di Kecamatan Panakukang Kota Makassar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 7, No.1

Indrati K, CEN, Sofianuddin, PA. (2015) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Grati. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 5(1).

Kasenda, L. M., & Sentinuwo, S. (2016). Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasir Android. Jurnal Teknik Informatika, 9 (1).

Manizar HM, Ely. 2016. Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib. 2(2). 2-16

Murrieta, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Qur’an, Hadis, Syari’ah, dan Tarbiyah. 3(1). 171-187

Rilandini, lP, lV, lA. Sudlatha, I,Gl,W. Parlmiti, D, lP. 2020. Korlelasi Antara Kecerdalsan Emosional ldan Motivasi Bellajar dengan Hlasil Belajar PPlKn. Journal holme plage. l8(3).4l69-47l8

Setlyawan, A, lA. & Simlbolon, D. 20l18. Pengaruh Kecerldasan Emosional Terhaldap Hasil Bellajar Matematika Sliswa SMK Kalnsai Pekan Barlu. Jurnal Pendidilkandan Pemberdlayaan Masyaralkat. 1l1(1). 1l1-1l8

Suarca, K. Soetjiningsih. Ardjana, I, E. 2005. Kecerdasan Majemuk Pada Anak. 7(2). 85-92

Thlaib, Evla Naluli. 20l13. Hubulngan Antara Presltasi Belajar denglan Kecerdasan Emolsional. Jurnal Ilmliah DIDAKTIKA. l12(2). 3l89-3l99.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 HUSNA G

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats