PEMBERDAYAAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT PESISIR

Muh. Nur Yamin(1*), Muh. Reza(2), Hidayat Ruslan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i2.53080

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pulau Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar serta faktor pendukung dan penghambat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pulau Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis data interaktif melalui tahapan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan pengujian kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat pesisir telah di laksanakan dan sesuai dengan tahapan dan standar pelaksanaan yang ada. Hal ini dilihat dari beberapa program yaitu sosialisasi oleh pemerintah provinsi dan kota yang di prakarsai oleh pemerintah pulau untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Dampak pemberdayaan terhadap kemandirian masyarakat bertujuan membangun kemandirian masyarakat pesisir di pulau lakkang serta berkurangnya ketergantungan masyarakat terhadap pemerintah. adapun faktor pendukung dalam pemberdayaan masyarakat pesisir pulau lakkang yaitu sudah tebangun konsep kesadaran dalam melakukan segala macam kegiatan yang sesuai dengan hukum yang ada. Faktor penghambat pemberdayaan masyarakat pesisir pulau lakkang kecamatan tallo Kota Makassar, antara lain terbatasnya modal, faktor alam, sarana dan prasarana, kurangnya gairah wisata, tidak adanya penghasilan rutin, dan kurangnya pengetahuan penggunaan fasilitas.

Keywords


Pemberdayaan, Masyarakat, Pesisir Lakkang, Pemerintah Makassar

Full Text:

PDF PDF

References


Aprillia Theresia. (2015). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Edi, S. (2005). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Miles, H., & Huberman, A. M., Saldana. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. New York: Sage Publications, Inc.

Najiyati , Asmana, & Suryadiputra.(2005). Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor: Wetlands International

Ni'matul Huda. 2015. Hukum Pemerintahan Desa, Malang: Setara Press.

Nusaiba Zahratul Firdaus. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) Gulamah (Studi Kasus Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal). (Skripsi) IAIN Purwokerto Jawa Tengah

Peraturan Menteri AGRARIA DAN TATA RUANG Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 Pasal 1 tentang “ pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (PWP-3-K)

Rahmanto, D., & Purwaningsih, E. (2016). Pemberdayaan masyarakat pesisir Pulau untungjawa dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum dan kemandirian nelayan. ADIL: Jurnal Hukum, 7(1), 111-125.

Sutarto, D. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Berbasis Keluarga Persepektif Gender. Jurnal Trias Politika, 2(2), 267-283.

Tampubolon, D. (2012). Strategi pemberdayaan masyarakat pesisir di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sorot, 8(2), 153-161.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Utami, T., Demartoto, A., Haryono, B., Sunesti, Y., & Humsona, R. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Pangan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Analisa Sosiologi, 10(2).


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 5 times PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh. Nur Yamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats