TALENT MANAGEMENT PADA PT. TELKOMSEL INDONESIA REGIONAL MAKASSAR

Muh. Rizal S(1*), Muhammad Luthfi Siraj(2), Ismu Widodo(3), Asrianto Asrianto(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PT. Telkomsel Indonesia
(4) PT. Telkomsel Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i2.50995

Abstract


Manajemen talenta lahir dan didasari berbagai kondisi yang terjadi di beberapa negara akibat tidak berimbangnya jumlah tenaga kerja unggul yang tersedia dengan laju pertumbuhan perusahaan yang yang menginginkan tenaga kerja yang unggul untuk bekerja di perusahaan mereka, PT. Telkomsel sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan nomor ketujuh dunia telah dikenal sebagai perusahaan yang memberikan perhatian yang sangat besar terhadap perkembangan kompetensi karyawannya dan juga sebagai salah satu perusahaan yang serius dalam hal pengelolaan bakat dan pengembangan karyawan mereka. Metode yang digunakan adalah Studi literatur, salah satu rangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengelola bahan penelitian. Hasil penelitian membahas bagaimana PT. Telkomsel dalam rangka peningkatan kompetensi dan pengembangan karyawan mereka melakukan identifikasi bakat, pengembangan karyawan, evaluasi kinerja, retensi, dan pengukuran efektivitas. PT Telkomsel menunjukkan komitmen terhadap pengelolaan bakat dan pengembangan karyawan melalui program talent management. Melalui program ini PT. Telkomsel Regional Makassar memastikan bahwa mereka mendapatkan dan memiliki bakat-bakat terbaik untuk selanjutnya dikembangkan melalui pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dan di setiap proses selalu ada evaluasi yang dilakukan untuk mengukur efektivitas kinerja mereka dan juga menciptakan lingkungan kerja yang sehat yang penuh dengan inovasi dan mencegah terjadinya turnover dan untuk menghadapi tantangan dimasa depan untuk melayani pelanggan mereka dengan lebih baik.

Keywords


Talent Management, Kompetensi, Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Pella, Darmin dan Afifah Inayati. 2011. Talent Management. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ahmed, Hossam Korany. 2016. The Impact Of Talent Management On The Competitive Advantage In The Organizations, Jurnal. UAE.

Edy I., Jurike V. 2014. Pengantar Teknologi Informasi.Yogyakarta: Deepublish.

Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakatra: Andi.

Krisnawati, K.D dan I.W.Bagia. 2021. Pengaruh Kompetensi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 7 No. 1, Bulan April Tahun 2021.

Kusumowardani, A. 2016. Analisis Pengaruh Manajemen Talenta dan Global Mindset Terhadap Kinerja Karyawan Dan Turnover Intention Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Karyawan PT. Cipta Busana Mandiri Demak). Universitas Diponegoro.

Gustiana, Riska dan Taufik Hidayat, Achmad Fauzi. 2022. Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. Volume 3, Issue 6, Juli 2022.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada. Jakarta: Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat.

Wahyudi, Evan, M. Bakri, Ilyas Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Retensi Karyawan PT. Telkom Banda Aceh.

Wibowo, F. 2017. Analisis Pengaruh Talent Management terhadap Organizational Performance dan Dampaknya Terhadap Employee Retention PT.X Indonesia. Jurnal Manajemen Binus University.

https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/news/telkom-kembangkan-talenta-digital-untuk-jadi-pemimpin-muda-masa-depan-1789, diakses pada tanggal 4 April 2023

https://ilmumanajemensdm.com/strategi-pengembangan-karir-sdm-di-telkomsel/, diakses pada tanggal 4 April 2023


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh. Rizal S, ST., S.AN., M.Pd, Muhammad Luthfi Siraj, Ismu Widodo, Asrianto Asrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats