PENGARUH EFIKASI DIRI, KEMANDIRIAN BELAJAR, PERAN ORANG TUA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Tisan Tisan(1*), Muh. Ihsan Said(2), Rahmatullah Rahmatullah(3), Nurjannah Nurjannah(4), Ratnah Ratnah(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Nurjannah
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i2.50287

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji bagaimana respon murid SMA Negeri 2 Enrekang terhadap nilai belajar ekonomi ditinjau dari self-efficacy, kemandirian belajar, partisipasi orang tua, dan pengaruh lingkungan teman. Teknik penelitian kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, survei, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, 86 murid SMA Negeri 2 Enrekang yang mengikuti mata pelajaran ekonomi berpartisipasi sebagai responden. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dilakukan.Temuan menunjukkan korelasi substansial antara nilai belajar muriddan tes yang diberikan secara bersamaan oleh empat variabel independen. Self-efficacy bagaimanapun hanya sedikit mempengaruhi nilai belajar murid. Sebaliknya, tiga variabel lainnya yaitu kemandirian belajar, peran orang tua, dan lingkungan teman memiliki dampak yang cukup besar.

In order to better understand how students at SMA Negeri 2 Enrekang learn about economics, this study will examine the effects of self-efficacy, independent learning, parental participation, and peer influence. The quantitative research methodology includes the collection of data through observations, surveys, and documentation. In this study, all 86 of the SMA Negeri 2 Enrekang's economics students who took economics courses participated. In order to analyze the data, multiple linear regression was performed. The research showed a strong relationship between the four independent variables' assessments, which were given simultaneously, and the student learning outcomes. Although the other three factors learning independence, the involvement of parents, and peer influence have a significant impact, self-efficacy has a negligible impact on student learning outcomes.

Keywords


Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Peran Orang Tua, Teman Sebaya, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Adi, B. A., & Arief, S. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Prezi, Teman Sebaya, Dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 667–678.

Anggraeni, A. S. D., Ismail, W., & Damayanti, E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Melalui Kemampuan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Psibernetika, 13(2), 105–112. https://doi.org/10.30813/psibernetika.

Apsari, B. S., Adi, W., & Octaria, D. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Surakarta). Jurnal Pendidikan, 3(1), 91–103.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian untuk Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, & Istiqamah, N. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Inpres 1 Donggulu. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 83–92. Diambil dari http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/glasser/article/view/1048

Badria, I. L., Fajarianingtyas, D. A., & Wati, H. D. (2018). Pengaruh Peran Orang Tua dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 19–27.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy:The Exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bungsu, T. K., Vilard, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihamples. Journal On Education, 01(02), 382–389.

Ghufron, m. N., & Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hayutika, T. L., & Subowo. (2016). Pengaruh Cara Belajar, Kemandirian Belajar, dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 679–692.

Hindayani, K., Khosmas, F. Y., & Syahrudin, H. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa kelas XI SMa Negeri Pontianak, 2–8.

Jannah, M. (2015). Pengaruh peran orang tua dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume, 9(2), 1150–1169.

Khairinal, Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi IPS SMNn Titian Teras. jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 1(2), 379–387. https://doi.org/10.38035/JMPIS

Komari, N. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Padang. Jurnal Pujangga, 1(2), 75–105.

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2018). Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa ( Learning independence as a determinant of student learning outcomes ), 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949

Lin, M.-H., Chen, H.-C., & Liu, K.-S. (2017). A Study of the Effects of Digital Learning on Learning Motivation and Learning Outcome. Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Lisaholit, S., Loilatu, S. H., & Umanailo, M. C. B. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri Se-Kecamatan Namlea. Academy of Education Journal, 12(1), 48–55.

Monika, & Adam. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 2(2), 219–226.

Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students ’ early ability. INTERNATIONAL ELECTRONIC JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 12(3), 689–708.

Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Smp Negeri Di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 127–156. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p127-156

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 73–84.

Nurnazathul, A., & Oknaryana. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Ecogen, 4(4), 622–629.

Putri, W. K. H. W., & Prabawanto, S. (2019). The analysis of students ’ self-efficacy in learning mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032113

Rahayu, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Iis SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Pendidikan Ekonomi dan ekonomi, 7(2), 143–151.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmatullah, Inanna, & Nurdiana. (2019). Ethnopedagogi dalam pembelajaran ekonomi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, 284–288.

Safitri, & Nurhayati. (2018). Studi Pustaka : Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi. Journal Of Educational Review And Research, 1(2), 64–67.

Saragih, D. K. (2014). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi Smk Pgri 3 Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 29. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p29-41

Sari, E. N., & Zamroni. (2019). The Impact Of Independent Learning On Students’ Accounting Learning Outcomes At Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141–150.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Se-Kota Bandung. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4(1), 62. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.5671

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobri, M., & Moerdiyanto. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial, 1(1), 43–56.

Sutton, G. W., Phillips, S., Lehnert, A., Bartle, B., & Yokomizo, P. (2011). Strengths Assessment , Academic Self-Efficacy , and Learning Outcomes in a Christian University Sample. Journal Of Psychology and Christianity, 30(1), 28–36.

Thalib, A., & Istiqamah, N. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 83. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i2.1048

Theresia, S., Sipayung, R., & Simarmata, E. J. (2020). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Kelas VA SD Agia Sophia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 407–412. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556 P-ISSN

Umbara, F. D. A. D., & Sudihartinih, E. (2020). Hasil Belajar Dan efikasi Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Mata Pelajaran Matematika. sigma, 6(1), 8–16.

Widyaninggar, A. A. (2015). Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 89–99. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.143


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats