RESPONSIBILITY PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL

Syarifuddin Syarifuddin(1*), Muhammad Luthfi Siraj(2), Yusi Irensi Seppa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.47690

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana responsibility pelayanan sertifikat tanah pada Badan Pertanahan Nasional Kota Makassar. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsibility pelayanan sertifikat di Badan Pertanahan Nasional Kota Makassar dinilai terimplementasi dengan cukup baik. Hal ini berdasar dari ke empat aspek yang dijadikan sebagai indikator dalam penelitian ini, yaitu: 1) wujud nyata adanya ketersedianya sarana prasarana yang dapat dirasakan oleh masyarakat, seperti ruang tunggu, toilet, tempat Ibadah, koperasi, dan lainnya, 2) Ketanggapan dinilai belum berjalan baik karena rasa tanggung jawab yang masih kurang dari para pegawai khususnya pada bagian loket-loket dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, 3) Kehandalan pegawai dari sisi tingkat pengetahuannya, keterampilan dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dapat dikerjakan dengan cukup cepat dan tepat, 4) Empati dinilai sudah cukup baik dimana para pegawai memperlihatkan sikap yang penuh perhatian, ramah dan soluktif dari segala apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.


Keywords


Responsibility, Pelayanan, Sertifikat Tanah

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2000. Penelitiann Kependidikan, Prosedur dan Strategi. Bandung : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharmisi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Barata. Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Gramdedia.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep pelayanan public serta implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Keban, Yeremias T. 2001. Etika Pelayanan Publik: Pergeseran Paradigma, Dilema dan Implikasinya bagi Pelayanan Publik di Indonesia. Majalah Perencanaan Pembangunan Edisi IV.

Kumorotomo, Wahyudi. 2007. Etika Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA LAN Press.

Moenir, AS. 2016. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, Riant. 2016. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ratminto, Winarsih dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rohman, Ahmad, dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Averroes Press.

Sembiring, Jimmy Joses. 2010. Panduan Mengurus Sertifikat Tanah. Jakarta: Transmedia Pustaka.

Sinambela, Poltak L. 2006. Reformasi Pelayanan Publik “Teori, Kebijakan & Implementasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil). Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi Metode R&D. Bandung : Alfabeta

Sutedi, Adrian. 2012. Sertifikat Hak Atas Tanah. Jakarta : Sinar Grafika.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syarifuddin Syarifuddin, Muhammad Luthfi Siraj, Yusi Irensi Seppa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : [email protected]
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats