PEREMPUAN KEPALA DESA: Kajian Dediferensiasi dan Derasionalisasi Peran Perempuan Kepala Desa dalam Pembangunan Pedesaan

Ashari Ismail(1*), Firman Umar(2), Bakhtiar Bakhtiar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.44941

Abstract


Penelitian  ini adalah  kajian   tentang  peran perempuan  Kepala Desa   Manuba, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan,  dalam  masyarakat berkultur  patriarch. Peran  perempuan kepala desa ini  adalah indikasi dari peran yang sering dianggap “tidak nisacaya” dilakukan perempuan.  Tujuan penelitian ini  adalah mengurai tentang  dediferensiasi dan derasionalisasi peran Kepala Desa dalam pembangunan pedesaan, sebagai peran yang  memiliki  akses dan control---dan sekaligus memberikan “pembuktian” urgensi  kiprah perempuan dalam  ranah politik  pedesaan. Riset yang menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi  ini, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen urgen dalam riset ini adalah “peneliti sendiri”, yang mengikuti asumsi sosial kultural.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis komparatif, yakni analisis yang bertolak pada kesahian data,  mengeneralisasi data valid, memberikan tafsiran dan menetapkan generalisasi secara induksi, dengan dipandu secara “deduksi”.Hasil penelitian menunjukkan  bahwa dediferensiasi dan derasionalisasi peran serta perempuan  dalam ranah politik, sebagai Kepala Desa di Desa  Manuba,  bukan   semata  ideology of women,  tetapi peran yang dituntut oleh masyarakat.  Kiprah perempuan Kepala Desa Manuba,  adalah peran yang tidak lepas dari  peran-peran  publik--- walaupun peran-peran domestik, tidak dapat dilepaskan dan diambil alih oleh laki-laki.  Dediferensiasi (ketidaaan perbedaan gender antara laki – perempuan, dengan kemajuan yang regresif )  dan derasionalisasi, menafikan kebiasaaan, yang rasional, yang cenderung terjastifikasi dalam masyarakat patriarch. Dalam hal ini kiprah perempuan Kepala Desa adalah kiprah, yang tidak kurang dari lelaki, kiprah yang dituntut dan diharapkan pada komunitas masyarakat patriarch Manuba, --- yang tidak menimbulkan kegoncangan budaya atau anomi ketidakselarasan.

Keywords


Perempuan, Kepala Desa, Dediferensiasi dan Derasionalisasi

Full Text:

PDF

References


Amiruddin dan Ismail, 2013. Perempuan Pedagang Jalanan, dan Pelacur Warung Remang. Makassar. Lembaga Penelitian UNM

Butar Butar, Hasudungan, 1995. Peranan Wanita Batak Toba Dalam Keluarga dan Pertanian Padi Sawah di Desa Lumban Gurning, Kecamatan Porsea Tapanuli Utara. Bandung PPs Universitas Padjadjaran

Hendson, Keven and Rogers, Jackie Krasas. 2001. Why Marcia, You Ve Change ! Male Clerical Temporary Workersd Doing Masculinity in a Femenized Occupation. Gender and Society, Volume 15 Number 2 April 2001

Hidayat, Medhy Aginta.2021. Jean Bauddrillah dan Realitas Budaya Pascamodern. Yokyakarta. Cantrik Pustaka

Ismail, Ashari. 2007. Perempuan dalam Religi Patuntung: Studi tentang Ajartan Pasanga Mencegah Tindak Kekerasan terhadap Perempuan. Disertai. PPs. Universitas Airlangga Surabaya.

Ismail, Ashari 2001; Pola Partisipasi Wnaita dalam Pembangunan Masyarakat Teransmigran: Kasus pada Komunitas Transmigran Baras Sembilan, Mamaju Sulawesi Selatan. Makassar. Pusat Penelitian UNM

Kristeva, Nur Sayyid Santoso. 2022. Gerakan Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Sipil. Yokyakarta. Pustaka pelajar

Lubis, Ridwan. 2017. Sosiologi Agama; Memahami Perkembangan Agama dalam Interaksi Sosial. Jakarta. Penerbit Kencana

Masudah, Siti. 2023. Sosiologi Keluarga; Konsep, Teori, dan Permasalahan Keluarga. Jakarta. Penerbit Kencana

Mustadjar, Musdaliah dan Ismail, Ashari. 2017. Pola Kerja Perempuan Tani dalam Pencarian Nafkah Keluargadi Larewa Kabupatan Luwu. Makassar. Universitas Negeri Makassar

Poloma, Margaret. M 1994. Sosiologi Kontemporer Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa

Rahayu, Luh Riniti . Potensi Peran Perempuan Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama Di Indonesia Jurnal .Pustaka Vol. XX No. 1 ( Pebruari 2020)

Sanderson, Stephen K. 2000. Makro Sosiologi: Sebuah Pendekatan Terhadap Realitas Sosial. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sajogyo, Pujiwati. 1992. Peranan Wanita dalam Pembangunan Masyarakat Desa. Jakarta. Rajawali.

Tindangen, Megi. Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Perempuan Pekerja Sawah di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Efisien. Volume 20 No. 3 (2020)

Tiryakian, Edward A. Dialectics of Modernity: Reenchantment and Dedifferentiation as Counterprocesses Haferkamp, Hans and Smelser, Neil J. 1992. Social Change and Modernity. California, University of California

Tuwu, Darwin. Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik .Jurnal Al Izzah Volume 13, Nomor 1 (Mei, 2018)

Zahrok. Siti. Peran Perempuan Dalam Keluarga. Prosiding SEMATEKSOS 3"Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (2018).


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ashari Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats