IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Supriadi Torro(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2), Miftahul Ulum(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.44275

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran implementasi model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa di UPT SMAN 6 Selayar, 2) Faktor penghambat penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) di UPT SMAN 6 Selayar, dan 3) Faktor pendorong implementasi model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) di UPT SMAN 6 Selayar. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 17 informan yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu guru UPT SMAN 6 Selayar yang mengajar dengan model pembelajaran giving question and getting answer dan siswa kelas X-XII yang terlibat dalam model pembelajaran giving question and getting answer di UPT SMAN 6 Selayar yang ditentukan oleh guru berdasarkan tingkat keaktifan siswa dan juga dengan kemampuan berbahasa Indonesia yang cukup fasih. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran implementasi model pembelajaran giving question and getting answer (GQGA) terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa di UPT SMAN 6 Selayar terdiri dari 9 sintaks dan dapat dilihat dari 3 bagian terpenting, a) bagian pendahuluan yaitu kesiapan pembelajaran dan penyampaian materi pembelajaran, b) bagian inti yaitu perencanaan diskusi kelompok di kelas, c) bagian penutup, yaitu rangkuman dan klarifikasi dari jawaban-jawaban dan penjelasan yang peserta didik sampaikan. 2) Faktor penghambat penerapan model pembelajaran giving question and getting answer (GQGA) di UPT SMAN 6 Selayar yaitu: a) perlu waktu yang banyak untuk menjawab semua pertanyaan siswa, dan b) tidak ada bahan berupa kertas HVS kosong untuk siswa. 3) Faktor pendorong implementasi model pembelajaran giving question and getting answer (GQGA) di UPT SMAN 6 Selayar yaitu: a) guru yang memiliki tanggungjawab untuk memberikan pembelajaran yang efektif, dan b) bahan ajar yang mudah didapatkan.

 


Keywords


giving question and getting answer, keaktifan belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Amaliah, Handayani Tri. 2021. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dengan Menggunakan Metode Kualitatif Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pangabdhi. Vol. 7 (2). 89-93

Amalia, Ayu Dinda dkk. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 2 (2). 311-326

Arifin, Zainal. 2014. Sosiologi Pendidikan. Makassar: Anugerah Mandiri

Ariyati, Novica. 2017. Pengaruh Metode Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian Pada Siswa Kelas III SDN Bandongan Kabupaten Magelang). Skripsi S1. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang

Ayuningtiyas, Isma Ani. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer With Mind Mapping Untuk Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Skripsi S1. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Buchari, Agustini. 2018. Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’. Vol. 12 (2). 106-124

Ekayanti, Arta dan Octaviyunas, Asurya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 (3). 341-352

Fuadiyah, Sa’diatul dkk. 2020. Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Mind Map Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Aktif Giving Question And Getting Answer Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Di SMPN 27 Padang. Jurnal Bioilmi. Vol. 6 (2). 137-144

Gumilang, Surya Galang. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 2 (2). 144-159

Hanum, Sulistyo Numiek. 2013. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 (1). 90-102

Latip, Abdul. 2016. Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Mata Pelajaran IPS di SMP. Jurnal Pendidikan Profesional. Vol. 5 (2). 19-27

Maunah, Binti. 2016. Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Fungsional. Jurnal Cendekia. Vol. 10 (2). 159-178

Octoria, Dini dkk. 2016. Faktor-Faktor Penghambat Guru Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Tata Arta. Vol. 118-133

Oktaria, Risky dan Nengsi, Sri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran GQGA (GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol. 2 (2). 111-121

Siregar, Ainah Syarifah dan Effendi, Sulaiman. 2018. Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol. 1 (2). 125-137

Syamsurizal, D Rahmawati dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus Di SMA Adabiah Padang. Jurnal Bioilmi. Vol. 6 (1). 28-38

Torro, Supriadi dan Nurwindah. 2020. Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Menciptakan Sekolah Yang Menyenangkan Di SMA Negeri 3 Takalar. Jurnal Sosialisasi. Vol. 7 (2). 39-46

Uswatun, Azwar Din dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 (4). 861-872

Utami, Wahyu Septi. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 (1). 63-66


Article Metrics

Abstract view : 655 times | PDF view : 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Supriadi Torro, A. Octamaya Tenri Awaru, Miftahul Ulum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats