IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.44275
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran implementasi model pembelajaran giving question and getting answer (GQGA) terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa di UPT SMAN 6 Selayar terdiri dari 9 sintaks dan dapat dilihat dari 3 bagian terpenting, a) bagian pendahuluan yaitu kesiapan pembelajaran dan penyampaian materi pembelajaran, b) bagian inti yaitu perencanaan diskusi kelompok di kelas, c) bagian penutup, yaitu rangkuman dan klarifikasi dari jawaban-jawaban dan penjelasan yang peserta didik sampaikan. 2) Faktor penghambat penerapan model pembelajaran giving question and getting answer (GQGA) di UPT SMAN 6 Selayar yaitu: a) perlu waktu yang banyak untuk menjawab semua pertanyaan siswa, dan b) tidak ada bahan berupa kertas HVS kosong untuk siswa. 3) Faktor pendorong implementasi model pembelajaran giving question and getting answer (GQGA) di UPT SMAN 6 Selayar yaitu: a) guru yang memiliki tanggungjawab untuk memberikan pembelajaran yang efektif, dan b) bahan ajar yang mudah didapatkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliah, Handayani Tri. 2021. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dengan Menggunakan Metode Kualitatif Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pangabdhi. Vol. 7 (2). 89-93
Amalia, Ayu Dinda dkk. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 2 (2). 311-326
Arifin, Zainal. 2014. Sosiologi Pendidikan. Makassar: Anugerah Mandiri
Ariyati, Novica. 2017. Pengaruh Metode Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika (Penelitian Pada Siswa Kelas III SDN Bandongan Kabupaten Magelang). Skripsi S1. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang
Ayuningtiyas, Isma Ani. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Giving Question and Getting Answer With Mind Mapping Untuk Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Skripsi S1. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Buchari, Agustini. 2018. Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’. Vol. 12 (2). 106-124
Ekayanti, Arta dan Octaviyunas, Asurya. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 (3). 341-352
Fuadiyah, Sa’diatul dkk. 2020. Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Mind Map Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Aktif Giving Question And Getting Answer Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Di SMPN 27 Padang. Jurnal Bioilmi. Vol. 6 (2). 137-144
Gumilang, Surya Galang. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 2 (2). 144-159
Hanum, Sulistyo Numiek. 2013. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol. 3 (1). 90-102
Latip, Abdul. 2016. Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Mata Pelajaran IPS di SMP. Jurnal Pendidikan Profesional. Vol. 5 (2). 19-27
Maunah, Binti. 2016. Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Fungsional. Jurnal Cendekia. Vol. 10 (2). 159-178
Octoria, Dini dkk. 2016. Faktor-Faktor Penghambat Guru Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Tata Arta. Vol. 118-133
Oktaria, Risky dan Nengsi, Sri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran GQGA (GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol. 2 (2). 111-121
Siregar, Ainah Syarifah dan Effendi, Sulaiman. 2018. Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol. 1 (2). 125-137
Syamsurizal, D Rahmawati dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus Di SMA Adabiah Padang. Jurnal Bioilmi. Vol. 6 (1). 28-38
Torro, Supriadi dan Nurwindah. 2020. Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Menciptakan Sekolah Yang Menyenangkan Di SMA Negeri 3 Takalar. Jurnal Sosialisasi. Vol. 7 (2). 39-46
Uswatun, Azwar Din dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 4 (4). 861-872
Utami, Wahyu Septi. 2019. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 (1). 63-66
Article Metrics
Abstract view : 655 times | PDF view : 55 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Supriadi Torro, A. Octamaya Tenri Awaru, Miftahul Ulum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).
Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222
Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)
ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)
SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by
View My Stats