STANDAR KEPATUHAN PELAYANAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

Muhammad Nur Yamin(1*), Arfian Arfian(2), Herlina Sakawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.43841

Abstract


Penelitian Standar Kepatuhan Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gowa ini bertujuan mengetahui strategi peningkat kepatuhan standar pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan teknis observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang di gunakan adalah analisis SWOT.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkat kepatuhan standar pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gowa. Di lihat dari empat indikator yaitu terdapat pihak yang mempunyai otoritas untuk menuntut kepatuhan, adanya pihak yang dituntut untuk melakukan kepatuhan, ada objek atau isi tuntutan tertentu dari pihak yang memiliki otoritas untuk dilaksanakan pihak lain, konsekuensi dari perilaku yang dilakukan. Kemudian berdasarkan analisis SWOT Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab. Gowa memiliki kekuatan dan peluang yang tinggi dalam meningkatkan Kata Kunci:kepatuhan standar pelayanan publik.

Keywords


Kepatuhan, Standar, Pelayanan, Publik

Full Text:

PDF

References


Adya Barata, Atep. , 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima cet 2. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Baron, Robert A dan Byrne, Donn. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

David, Fred R; David, Forest R. 2015. Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat.

Dwiyanto, Agus. 2006. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fadillah, Akhmad, 2018. Strategi Meningkatkan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (Studi Kasus Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau). JOM FISIP Vol. 5 No. 1 April 2018

Fajrina, R. 2012. Pengaruh Perusahaan dan Komunaksi Word-of-mouth Terhadap Pembuatan Keputusan Melamar Kerja. Jurnal Universitas Indonesia, 27.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, Dan Implementasinya. Yogyakarta :Gava Media 250.

Kasmir. 2005. Etika Customer Service. Jakarta Raja Grafindo Persada.

Koetler, K. 2012. Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta : Erlangga.

Laksana, fajar. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Graha Ilmu.

Maulidiah, S. 2014. Pelayanan Publik Yogyakarta : Indra Prahasta.

Nurdin, Ismail. 2019. Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Surabaya : Media Sahabat

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Roy,Marthin, T. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Reputasi Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Program Strata-1 Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis USU.

Septiandini, Rikka. 2020. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Melawi. Journal of Public Administration and Sociology of Development Vol.1, N0. 2, Desember 2020

Siagian, P. Sondang. 2003. Manajemen Strategik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sofyan, Iban. 2015. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta :Andi Offset.

Wena, M. 2012. Strategi Pembeljaran Inovatif Kontemporer; Jakarta : Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhammad Nur Yamin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats