PEMOLISIAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN GANGGUAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT (STUDI DI POLRESTABES KOTA MAKASSAR)

Abdhika Salafi Wahid(1), Bakhtiar Bakhtiar(2*), Mustaring Mustaring(3),

(1) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/supremasi.v18i1.43777

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pemolisian masyarakat dalam menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Makassar. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan strategi pemolisian masyarakat dalam menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi pemolisian masyarakat dalam menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Makassar, yaitu (a) menginisiasi pembentukan forum komunikasi dan/atau kemitraan polisi dengan masyarakat (FKPM), Siskamling, Hansip, Satpam, Balai Kemitraan Polisi Masyarakat (BKPM) dan Bina Masyarakat, dan (b) membangun kerjasama dan komunikasi yang intensif antara Polri dengan masyarakat melalui lembaga-lembaga tersebut. (2) Strategi pemolisian masyarakat dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu petugas pelaksana tugas pemolisian pada kepolisian, faktor penghambat yaitu partisipasi masyarakat dan kepercayaan masyarakat dalam program pemolisian

Keywords


Pemolisian, Masyarakat, Polri

Full Text:

PDF

References


Diana Verjenia, “Model Pemolisian Masyarakat Sebagai Upaya Pencegahan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor Di Wilayah Hukum Polsek Dau”, Skripsi, Fakultas Hukum, Universitas Riau, Malang.

https://kataberita.co/begini-cara-dispora-tekan-angka-kasus-tawuran-di-makassar/ diakses pada 10 Juli 2022.

https://makassar.sindonews.com/read/477772/710/angka-kejahatan-di-sulsel-meningkat-selama-2021-1625749630, diakses pada 5 Februari 2022.

https://www.99.co/blog/indonesia/provinsi-dengan-kriminalitas-tertinggi/, diakses pada 5 Februari 2022.

Matasulsel.https://matasulsel.com/di-resmikan-kapolres-sekretariat-batalion-120-jadi-tempat-pesta-miras-dan-penyimpanan-sajam/. Dikutip pada tanggal 16/12/22.

Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 1 tahun 2021 tentang Pemolisian Masyarakat

Siti Marwiyah, “Model Pemolisian Masyarakat Sebagai Upaya Penanggulangan Pembalakan Hutan, Jurnal Yustisia”, Volume 3 Nomor 1, Januari-April 2014.

Tora Egen Sitompu, Lintje Anna Marpaung, dan Erlina B, “Penerapan Peraturan Pemolisian Masyarakat Di Provinsi Lampung”, Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan ke 5 Tahun 2019.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

Yoslan K. Koni, “Penerapan Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Pemolisian Masyarakat dalam Penegakan Hukum di Provinsi Gorontalo”, Jurnal Kertha Patrika, Volume 41, Nomor 1, April 2019.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdhika Salafi Wahid, Bakhtiar Bakhtiar, Mustaring Mustaring

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) and the Association of the Indonesian Social Sciences Bachelor of Education (HISPISI).

Jurusan PPKn FIS UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : supremasi@unm.ac.id
HP/WA: +62 813-5499-3337 (an. Bakhtiar)

ISSN : 2720-9369 (Online)
ISSN : 1412-517X (Print)

SUPREMASI: Junal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

SUPREMASIJurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya Indexed by

  

         

Web Analytics View My Stats